8 Cara Mengatasi Hama Garangan Paling Ampuh, Agar Unggas Tak Mati Dimangsa Garangan

cara mengatasi hama garangan
Hama garangan (Hadi Waluyo)
0 Komentar

Garangan mati diburu (Sumber foto: ilmubudidaya.com)

Siapkan bedil atau senjata tembak dan ketika hama garangan mendekat ke kandang unggas, Anda tinggal membidiknya. Namun karena kegesitan dan kecerdikan hama garangan, seringkali para peternak harus berlarian ketika memburu hewan tersebut.

  1. Memelihara Anjing

Anjing adalah predator bagi hama garangan, maka dengan menempatkan anjing penjaga di sekitar kandang ayam, maka hama garangan tidak akan berani mendekat. Jika pun garangan tidak mengetahui keberadaan anjing, atau mungkin nekat mendekati kandang ayam, anjing penjaga tentu akan langsung bereaksi dengan menyerangnya dan bergantian menjadikan hama garangan sebagai buruan. Tentu langkah ini akan sangat efisien serta menghemat tenaga.

  1. Meletakkan Belerang

Bau menyengat dari belerang sangat tidak disukai oleh para binatang, termasuk pula hama garangan. Tempatkan beberapa belerang yang telah dibakar dekat dengan kandang ayam atau hewan ternak Anda, maka hama garangan tidak akan berani mendekat.

Baca Juga:Satgas TMMD Reguler ke-116 Rehab Total Rumah VeteranPatroli Dialogis Polres Pekalongan, Polisi Hadir di Tengah Warga untuk Ciptakan Wilayahnya Aman

  1. Membuat Kandang Jeruji Besi

Salah satu cara yang terbukti ampuh untuk menghindarkan hewan ternak Anda dari terkaman hama garangan adalah dengan cara membuat kandang ternak yang kokoh sekaligus rapat, sehingga tidak dapat dirusak oleh hama garangan.

Buatlah kerangka kandang dari jeruji besi yang kuat dan tahan terhadap gigitan hama garangan. Dengan demikian hewan ternak Anda akan aman tanpa perlu pengawasan atau usaha ekstra untuk menangkap hama tersebut. Namun sayangnya teknik ini tidak dapat diterapkan semua orang terlebih para peternak kecil, karena biaya untuk pembuatan kandang tentu akan mahal.

Sebagai langkah alternatif, Anda dapat membuat kandang ternak yang tinggi guna melindungi hewan di dalamnya dari serbuan hama garangan.

  1. Memasang Paranet atau Jaring Hitam di Kandang

Sebagai ganti kandang jeruji besi, Anda dapat menerapkan teknik memasang jaring hitam atau paranet di sekeliling kandang hewan ternak. Hama garangan akan ketakutan ketika melihat paranet tersebut, dan segera menjauh dari kandang ternak Anda.

Peternak buat kandang tertutup rapat agar garangan tak bisa masuk (Hadi Waluyo)

  1. Menanam Pandan Wangi

Ini adalah cara yang unik dan belum diketahui oleh banyak orang. Hama garangan ternyata memiliki kelenjar yang mengeluarkan bau seperti pandang wangi ketika berhadapan dengan musuh atau sesama garangan lain.

0 Komentar