Mengenal Lebih Dekat Dehumanisasi, Kemampuan Tak memanusiakan Manusia serta 3 Penyebabnya

Dehumanisasi
Dehumanisasi sering terjadi di sekitar kita. mirisnya, banyak dari kita yang mewajarkan perilaku negatif ini. (freepik)
0 Komentar

Penyebab Dehumanisasi

Selain itu biasanya mereka akan menjadi orang yang tertutup dan menjadi sulit untuk bergaul dengan orang sekitar karena trauma yang ia rasakan di masa lalu. Melansir dari berbagai sumber, penyebab perilaku negatif ini adalah:

1. Manipulasi

Manipulasi mampu menjadi penyebab dari dehumanisasi yang dengan sengaja untuk dibentuk. Akibatnya yakni terjadinya perpecahan dalam masayarakat. Bahkan perpecahan ini mampu untuk dimanfaat untuk suatu kepentingan.

2. Gangguan kepribadian

Penyebab yang lain adalah adanya gangguan kepribadian. Gangguan kepribadian seperti anti sosial dan juga narsistik mampu menjadi penyebab dari dehumanisasi. Kebanyakan dari pengidap gangguan ini tak bisa menghargai orang lain. padahal, mereka memiliki hak asasi yang sama.

Baca Juga:4 Bahaya kerja Lembur bagi Kesehatan Mental yang Sering Terlupakan8 Manfaat Daun Katuk yang Sangat Menakjubkan untuk Kesehatan

3. Siklus

Seseorang yang mendapat kekerasan di masa anak-anak bisa menjadi alasan mengapa mereka dehumanisasi. Pasalnya, kekerasan tersebut juga membuat mereka harus membentengi rasa sakit dan juga  harus menghilangkannya dengan dehumanisasi.

Hakikat kehidupan adalah setiap manusia merupakan makhluk yang memiliki kebebasan serta derajat yang sama satu dengan yang lain pada kehidupan bermasayarakat. Namun terjadinya dehumanisasi membuat orang lain merasa bahwa dirinya memiliki hak serta derajat yang lebih tinggi daripada orang lain.hal inilah yang mampu berujung kepada diskriminasi.

Seperti pada aspek keyakinan, profesi, ras juga dapat menjadi lahan yang empuk untuk munculnya suatu dehumanisasi. Hal ini tentu tak dapat dibenarkan apapun alasannya. Karena diskriminasi mampu terus berlanjut dan dapat mengakibatkan terjadinya suatu penindasan.

Sebetulnya kemampuan tidak memanusiakan manusia tak hanya dalam bentuk diskriminasi terhadap orang lain, tetapi juga dapat terjadi ketika seseorang mulai tak mampu menghargai diri sendiri. Orang -orang yang mengalami hal ini biasanya akan merasa terjebak dengan berbagai hal yang dapat merugikan diri sendiri.

Dampak dehumanisasi

Sumber gambar: freepik

Adapun dampak dehumanisasi bagi korban adalah korban menjadi merasa tidak valid, terdegradasi, hingga kehilangan moral. Bahkan apabila sudah mencapai tahap dekonstruktif kognitif, mereka menjadi mati rasa dalam emosional, pikiran menjadi tak jernih, sampai pemikiran yang tidak bermakna.

Pada jenis apapun kemampuan tidak memanusiakan manusia akan membuat korban merasa mudah marah, stres, cemas, depresi dan juga sedih dalam jangka waktu yang cukup lama.

0 Komentar