Lima Wilayah Pesisir Kendal Sukses Ditanami Total 8.000 Mangrove

Wilayah pesisir Kendal
TANAM MANGROVE - Danrem Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi bersama Bupati, Dandim, Kapolres, dan Kajari Kendal secara simbolik melakukan penanaman mangrove di Pantai Ngebum. DOK ISTIMEWA
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kodim 0715/Kendal bersama Pemkab dan jajaran Forkopimda Kendal sukses menanam total 8.000 bibit pohon mangrove di lima wilayah pesisir Kendal, Senin (15/5/2023). Kegiatan ini menjadi bagian dari puncak penanaman mangrove nasional oleh TNI se-Indonesia yang secara daring juga dihadiri Presiden Joko Widodo.

Secara simbolik, penanaman mangrove di wilayah pesisir Kendal dipusatkan di Pantai Ngebum, melibatkan TNI, Polri, dan Pemkab Kendal. Kegiatan ini dihadiri Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, Bupati Kendal H Dico M Ganinduto, Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Mishael Marthen Jenry Polii, Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam, Kajari Kendal Erny Veronica Maramba, para pimpinan OPD terkait, Camat Kaliwungu Nung Tubeno beserta Forkopimcam, dan jajaran TNI Polri di wilayah Kabupaten Kendal.

Kegiatan ini juga turut diramaikan dengan kehadiran para siswa dari sejumlah sekolah di Kabupaten Kendal, perwakilan aktivis organisasi pecinta lingkungan, serta masyarakat Mororejo, Kecamatan Kaliwungu.

Baca Juga:Tingkatkan Perolehan PBB-P2 Kendal, Bupati Dico Beri 6 Pesan Khusus ke JajaranWajib Dicontoh! PT Asia Pacific Fibers Salurkan CSR Rp 30 Juta, Bantu Turunkan Stunting di Kendal

Sasar 5 Wilayah Pesisir Kendal

Dandim 0715/Kendal, Letkol Inf Jenry Polii, menjelaskan bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove secara serentak jajaran TNI seluruh Indonesia tersebut merupakan program nasional dalam rangka merehabilitasi lingkungan guna mencegah terjadinya abrasi air laut. Total bibit mangrove yang ditanam mencapai 1,1 juta untuk seluruh Indonesia.

Bupati Kendal bersama Dandim dan Kapolres saat penanaman simbolik mangrove. (www.kodimkendal.com)

Dikatan Dandim, kegiatan penanaman mangrove sejatinya telah dilaksanakan sejak bulan Maret 2023 lalu. Tercatat ada 6.000 bibit pohon mangrove yang ditanam. Jumlah ini ditanam di Pantai Rowosari, Cepiring, Kendal dan Patebon.

“Dan puncaknya adalah hari ini (15/5/2023), kita tanam 2.000 bibit di Kaliwungu. Dengan demikian, total ada 8.000 batang bibit mangrove yang sudah ditanam oleh Kodim 0715/Kendal,” ungkap Dandim.

Usai penanaman, Dandim juga mengimbau ke seluruh masyarakat, khususnya di wilayah pesisir Kendal, agar bisa bersama-sama menjaga bibit pohon mangrove yang telah ditanam. “Jika bisa terjaga kelestariannya, maka harapannya masyarakat sekitar lokasi penanaman atau wilayah pesisir Kendal ini akan merasakan manfaatnya jika tumbuh besar kelak,” imbau Dandim.

0 Komentar