Screening CA Cervik dan IVA TEST dengan Sasaran Wanita Subur Usia 30 – 50 Tahun

IVA TEST
0 Komentar

KESESI – Tim Penggerak PKK (TP PKK) Desa Se Kecamatan Kesesi bekerjasama dengan Dinas kesehatan melakukan kegiatan Screening CA cervik dan IVA TEST dengan sasaran wanita subur usia 30 – 50 th, dan sudah menikah guna Pencegahan Kanker Pada Perempuan Melalui Deteksi Dini IVA TEST dan SADANIS di Puskesmas Kesesi II Desa Jagung Kecamatan Kesesi, Selasa (16/5/2023).

Kegiatan dilaksanakan diseluruh kecamatan di kab Pekalongan pada bulan mei hingga juni 2023.IVA test merupakan metode pemeriksaan awal deteksi kanker serviks.

Perlu diketahui, bahwa sel kanker serviks akan berkembang menjadi kanker setelah periode 10-15 tahun yang akan datang. Kebanyakan para penderita kanker baru menyadari penyakitnya saat sudah berada di stadium lanjut, sehingga kesempatan untuk sembuh hanya tinggal persentase kecil saja. Diharapkan dengan mengikuti pemeriksaan ini, pasien yang hasil tes IVA nya positif bisa diobati sejak dini, sehingga nantinya tidak akan berkembang menjadi penyakit yang mematikan.

Baca Juga:Pemkab Pekalongan Kesulitan Tangani Rob, Pemprov dan Pemerintah Pusat Diminta Turun TanganTingkatkan Kesejahteraan dan Kemajuan Desa, 16 Kades Se-Kecamatan Tirto Sepakat Dirikan Koperasi

Metode IVA test ini sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan asam asetat, dan hasilnya bisa langsung diketahui dari hasil reaksi pemeriksaan itu. Biaya yang dikeluarkan juga lebih murah, berbeda dengan pemeriksaan papsmear yang perlu mengeluarkan biaya lumayan besar, dan hasilnya pun, baru bisa diketahui beberapa hari kemudian.

Perwakilan Pokja IV dari PKK Kabupaten Pekalongan Chilmiati setiawan saat di wawancarai berharap semoga dengan kegiatan ini, semakin banyak warga yang sadar akan pentingnya pemeriksaan ini, sehingga nantinya akibat dari penyakit kanker serviks ini bisa diminimalisir.

“Kami berharap semua masyarakat ikut berperan serta dalam kegiatan Iva Test ini dan semoga kegiatan berjalan lancar serta mencapai target yang diharapkan.” Harapnya.

Rekapan hasil jemput bola tes Iva sadanis hari Selasa 16 mei 2023 di Kec kesesi. Dengan Sasaran 120 orang. Jumlah yang diperiksa ada 87. Hasil iva negatif (-) 79, Hsl iva positif (+) 8, Curiga kanker serviks ada 0, Sadanis normal ada 87 orang, Sadanis benjolan tidak ada.

0 Komentar