10+ Ciri-Ciri Kucing Sakit, Wajib Tahu Sebelum Terlambat!

ciri-ciri kucing sakit
10+ Ciri-Ciri Kucing Sakit, Wajib Tahu Sebelum Terlambat! (Freepik.com)
0 Komentar

5. Alami Muntah serta Diare

Kondisi satu ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah seperti parasit usus, penyakit ginjal, penyumbatan pada pencernaan, pankreatitis, hingga radang usus. Jika kamu melihat hewan peliharaan mu mengalami muntah serta diare maka kamu perlu segera melakukan pemeriksaan ke pusat kesehatan hewan terdekat.

6. Terjadi Perubahan saat Menjilat Tubuh

Menjilat tubuh menjadi salah satu cara bai kucing untuk membersihkan diri dari berbagai kotoran di tubuhnya. Namun, jika kucing melakukannya secara terus menerus maka hal tersebut dapat menjadi tanda terjadinya masalah. 

Ketika kucing melakukan pembersihan diri secara berlebihan juga berfungsi untuk menenangkan diri ketika mengalami kecemasan. Namun, bisa juga ketika mengalami nyeri di bagian tubuh tertentu kucing memilih untuk tidak menjilatnya.

Baca Juga:9 Cara Agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan, Dijamin Rumah Tetap Bersih!5 Daftar Sekolah Kedinasan Gratis, Lulusannya Mudah jadi ASN Idaman! 

7. Memiliki Bau Mulut yang Tak Sedap

Ciri-ciri kucing sakit yang juga bisa kamu waspadai yaitu adanya bau mulut yang tak sedap. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penyakit gigi. Misalnya, radang gusi, karang gigi, gigi abses hingga tumor di area mulut. Bau mulut ini juga bisa menjadi tanda bahwa terjadi penyakit dalam seperti diabetes maupun ginjal.

8. Mengalami Perubahan Ukuran Pupil Mata

Ketika hewan peliharaan mengalami ukuran pupil yang tidak normal bisa jadi merupakan tanda adanya masalah. Beberapa diantaranya seperti permasalahan saraf, cedera di kornea, penyakit  di area retina, glaukoma, peradangan pada mata hingga kanker. 

Apabila pupil terus mengalami pembesaran atau pelebaran bisa disebabkan oleh hipertensi, tumor yang mempengaruhi kinerja saraf di otak hingga penyakit pada retina. 

9. Menjadi Lesu atau Lebih Aktif dari Biasanya

5 Tahap Membuat Obat Oralit untuk Kucing yang Mudah dan Aman. (Freepik.com)

Apabila kamu memiliki  hewan peliharaan yang menjadi lesu atau lebih aktif dibanding biasanya. Maka, dapat menjadi salah satu ciri-ciri kucing sakit. Kondisi ini biasanya dapat berlangsung secara bertahap atau dalam waktu singkat. Oleh karenanya, sangat penting untuk mulai memperhatikannya lebih sering. 

10. Lebih Suka Bersembunyi

Kucing yang lebih suka bersembunyi bisa menjadi tanda bahwa ia tengah merasakan stres, takut hingga rasa sakit. Alhasil, mereka menjadi lebih banyak bersembunyi ketika bertemu hewan lain atau manusia. Hal ini untuk membantunya memberikan rasa aman dan tenang serta terhindar dari rasa sakit yang semakin parah.

0 Komentar