Kopdar FKPLD Jateng 2023 Digelar di Kendal, Wabup Minta PLD Tetap Awasi Pengelolaan DD

KOPDAR FKPLD JATENG
SERAHKAN PLAKAT - Wabup Kendal, Windu Suko Basuki ikut menyerahkan plakat untuk para kepala desa berprestasi di Jateng. DOK ISTIMEWA
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kabupaten Kendal mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah agenda silaturahmi atau kopdar FKPLD Jateng tahun 2023, Rabu (17/5/2023), di Stadion Utama Kebondalem, Kabupaten Kendal. Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki yang mewakili Bupati Dico M Ganinduto meminta para Pendamping Lokal Desa (PLD) untuk mengawal dan mengawasi pengelolaan dana desa (DD).

Wabup Basuki, meminta jajaran PLD untuk bisa mendampingi desa dengan sebaik-baiknya. Selain itu, Wabup juga meminta mereka untuk mengawal dan mengawasi penyalahgunaan dana desa (DD) agar tak mudah disalahgunakan.

Mewakili Bupati Kendal, Wabup Basuki mengapresiasi gelaran silaturahmi FKPLD yang kali ini dipusatkan di Kendal. “Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami bisa menerima bapak-Ibu semua, serta tak lupa ucapan terima kasih atas terpilihnya Kabupaten Kendal sebagai tuan rumah tahun ini,” tutur Wabup Kendal pada acara kopdar FKPLD Jateng 2023 yang mengusung tema “Jejak Sang PLD Mendorong Kemandirian Desa”.

Baca Juga:Pelanggan Perumda Tirto Panguripan Sudah 100 Ribu, Bupati Dico Tetap Minta Jaga KualitasMayday Tetap Harmonis, Tripartit Futsal Cup Diikuti 16 Perusahaan Kendal

Dikatakan Wabup, kegiatan ini menjadi penting sebagai ruang untuk meningkatkan komunikasi dan sinergi seluruh PLD se Jateng. Selain itu, forum ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan kapasitas diri, sharing ilmu dan informasi, serta sebagai media publikasi atas jejak-jejak pendampingan desa di lokasi tugas masing-masing dalam mewujudkan manfaat Dana Desa.

Sebagai pendamping desa, kata Wabup, PLD tidak hanya menjadi garda terdepan dalam alur pendampingan pemerintah desa. Lebih dari itu, PLD juga karenanya paling dekat dengan denyut nadi desa, tahu dan hadir dengan segala apa yang terjadi di desa.

“PLD harus juga dapat memahami berbagai hal yang terjadi di desanya masing-masing, dan dapat memberikan saran, masukan terhadap kepala desa, bahkan bisa memberikan masukan jawaban atas semua pertanyaan dan permasalahan yang muncul di desanya masing-masing,” tambah Wabup.

Wabup Kendal berharap forum semacam ini bisa berfungsi sebagai sarana untuk saling menguatkan dan mengoptimalkan peran PLD. Dia meminta seluruh pendamping desa untuk bisa mendampingi desa sebaik-baiknya. “Dan yang terpenting, juga mampu mengawal dan mengawasi realisasi pengelolaan dana desa. Ini penting, agar dana desa tidak disalahgunakan,” ujarnya.

0 Komentar