Kopdar FKPLD Jateng 2023 Digelar di Kendal, Wabup Minta PLD Tetap Awasi Pengelolaan DD

KOPDAR FKPLD JATENG
SERAHKAN PLAKAT - Wabup Kendal, Windu Suko Basuki ikut menyerahkan plakat untuk para kepala desa berprestasi di Jateng. DOK ISTIMEWA
0 Komentar

Pengawasan DD ini menurut Wabup justru untuk kepentingan desa itu sendiri, sehingga manfaat dana desa bisa lebih optimal untuk mendorong pereonomian desa. “Mari bergandeng tangan untuk bersama-sama mewujudkan desa yang maju dan mandiri,” tandas Wabup.

Peran FKPLD Jateng

Sebagai forum tahunan tingkat Jateng, silaturahmi FKPLD Jateng ini juga dihadiri pihak Kementerian Desa PDT, yakni Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Prof Dr Luthfiyah Nurlaela, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi PDTT, Dr Ivanovich Agusta, dan Pengasuh Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo-Magelang, KH Muhammad Yusuf Chudlori.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Kendal Muhammad Makmun, unsur Forkopimnda Kendal, para Kepala OPD terkait, para camat di Kabupaten Kendal, Pengurus Forum Komunikasi Pendamping Lokal Desa (FKPLD) Provinsi Jateng dan para PLPD se-Jawa Tengah, serta para Kepala Desa dan Sekretaris Desa Inspiratif.

Baca Juga:Pelanggan Perumda Tirto Panguripan Sudah 100 Ribu, Bupati Dico Tetap Minta Jaga KualitasMayday Tetap Harmonis, Tripartit Futsal Cup Diikuti 16 Perusahaan Kendal

Ketua FKPLD Jateng, Aris Yudhi menjelaskan, forum yang dibentuk tahun 2018 di Kabupaten Klaten ini hanya ada di Jawa Tengah. Forum dibentuk atas dasar kesadaran dan rasa saling rasa kesetiakawanan sosial dan jiwa kebersamaan.

“Kopdar FKPLD Jateng dilaksanakan setiap Tahun sekali. Pada tahun 2018 dilaksanakan di Kabupaten Pati, tahun 2019 dan tahun 2020 off karena adanya Pandemi Covid-19, tahun 2021 dilaksanakan di Kabupaten Wonosobo dan tahun 2023 dilaksanakan di Kabupaten Kendal,” ujar Aris.

Aris berharap, melalui silaturahmi FKPLD Jateng ini akan lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui peran penting pendamping lokal desa dalam mewujudkan kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Dalam acara tersebut juga diserahkan plakat penghargaan bagi para Kades Inspiratif dan Sekdes Inspiratif, yaitu Kades dari Kabupaten Kendal, Kades dari Cilacap, Kades dari Magelang, dan Sekdes dari Kabupaten Purbalingga. (sef)

0 Komentar