7 Penyakit yang Disebabkan Tikus di Rumah, Waspadai Leptospirosis hingga Tifus, Pelajari Pula Kiat Aman Cegah Tikus Masuk Rumah

penyakit yang disebabkan tikus
Tikus sangat meresahkan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

Bila tidak segera ditangani, penderita hantavirus dapat mengalami gangguan fungsi paru-paru dan kerusakan ginjal.

  1. Penyakit pes

Penyakit yang disebabkan tikus kelima adalah penyakit pes. Penyakit pes atau sampar disebabkan oleh gigitan kutu yang telah mengisap darah tikus yang terinfeksi bakteri Yersinia pestis.

Penyakit ini bisa terjadi dalam tiga bentuk, yaitu pes yang menyerang kulit dan kelenjar getah bening (bubonic plague), pes pada paru-paru (pneumonic plague), dan pes yang menyerang darah (septicemic plague).

Baca Juga:Pengamanan Peringatan Kenaikan Isa Almasih di Kota Santri, Polres Pekalongan Siagakan 131 PersonelDansatgas TMMD Reguler ke-116 Tinjau Pengaspalan Jalan, Apresiasi Antusias dan Semangat Warga Desa Wangkelang

  1. Tularemia

Penyakit tularemia sering disebabkan oleh hewan pengerat, seperti kelinci dan tikus. Orang yang terjangkit penyakit ini biasanya akan merasakan gejalanya kurang lebih 3–5 hari setelah terpapar.

Tanda dan gejala yang kerap terjadi adalah borok pada kulit, demam, batuk, menggigil, kelelahan, sakit kepala, diare, muntah, dan sakit tenggorokan.

  1. Tifus

Penyakit yang disebabkan tikus terakhir adalah tifus. Penyakit tifus disebabkan oleh bakteri Rickettsia dan Orientia yang menyebar melalui gigitan kutu tikus. Gejala yang terjadi berupa demam, sakit kepala, linglung atau penurunan kesadaran, ruam merah di kulit, serta pembengkakan kelenjar getah bening.

Kiat Aman Cegah Tikus Masuk Rumah

Keberadaan tikus di rumah tentu akan meresahkan. Karena sejumlah penyakit bisa disebabkan tikus. Untuk itu tikus harus dibasmi. Salah satu cara membasmi tikus yang efektif adalah menggunakan racun tikus atau menggunakan pestisida yang diketahui memiliki zat beracun. Penggunaan zat beracun di dalam rumah tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak.

Oleh karena itu, baiknya kita berusaha mencegah hewan pengerat ini masuk ke dalam rumah. Berikut cara aman yang bisa kita lakukan untuk mencegah masuknya tikus ke dalam rumah, yaitu:

1) Singkirkan benda yang bisa mengundang tikus

Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menyingkirkan benda-benda yang dapat mengundang datangnya tikus, seperti makanan dan minuman. Kita bisa menyimpan makanan dan minuman di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan tikus. Pastikan juga menutup rapat lemari penyimpanan makanan dan tempat sampah.

0 Komentar