7 Penyakit yang Disebabkan Tikus di Rumah, Waspadai Leptospirosis hingga Tifus, Pelajari Pula Kiat Aman Cegah Tikus Masuk Rumah

penyakit yang disebabkan tikus
Tikus sangat meresahkan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

2) Pastikan jalur masuk tikus tertutup

Tikus bisa masuk ke rumah melalui lubang-lubang kecil seperti pipa pembuangan air kamar mandi, celah penyejuk ruangan, atau celah ventilasi udara. Kita bisa menutup lubang tersebut untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

3) Bersihkan rumah secara rutin

Kita harus rajin membersihkan seluruh bagian rumah, terutama dapur. Sisa makanan yang tertinggal di kompor atau kulkas dapat mengundang tikus datang ke rumah. Selain itu, rapikan juga tumpukan majalah, koran, atau kardus yang ada di rumah agar tikus tidak bersembunyi di sana.

Bersihkan rumah secara rutin bisa cegah tikus masuk ke dalam rumah (Sumber foto: freepik.com)

Baca Juga:Pengamanan Peringatan Kenaikan Isa Almasih di Kota Santri, Polres Pekalongan Siagakan 131 PersonelDansatgas TMMD Reguler ke-116 Tinjau Pengaspalan Jalan, Apresiasi Antusias dan Semangat Warga Desa Wangkelang

Saat membersihkan rumah, kenakan alat pelindung, seperti sarung tangan lateks dan masker, serta buang seluruh kotoran dan sisa makanan agar tikus tidak lagi bersarang di rumah. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya.

Jika Anda masih melihat ada tikus berkeliaran di rumah, cari tahu pintu masuk lain yang mungkin dapat dilaluinya. Dengan cara-cara di atas, kita bisa melindungi seluruh anggota keluarga dari bahaya penyakit yang bisa ditimbulkan oleh tikus.

Demikian penjelasan singkat tentang penyakit yang disebabkan tikus dan cara mencegah hewan pengerat ini masuk ke dalam rumah. Semoga bermanfaat. (had)

0 Komentar