Cara Memilih Kain Batik Berkualitas Tinggi

cara memilih kain batik berkualitas tinggi
Kain batik berkualitas tinggi. (foto/bbkb.kemenperin.go.id/)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Cara memilih kain batik berkualitas tinggi sangat diperlukan, terutama bagi pecinta batik yang tidak ingin tertipu dengan kain batik berharga murah, namun ternyata berkualitas buruk.

Memilih kain batik berkualitas tinggi memang jarang diketahui banyak orang apalagi yang masih pemula belum begitu mengerti mengenai batik.

Jika kamu suka berbelanja pakaian khususnya kain batik, memilih kain batik yang berkualitas tinggi tentu menjadi nilai penting sebelum membeli kain tersebut. Cara memilih kain batik berkualitas tinggi harus diketahui dengan seksama.

Baca Juga:6 Pilihan Makan Siang yang Enak dan Sehat Buat Atlet Sepak Bola8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!

Kualitas kain batik akan berpengaruh kenyamanan saat memakainya. Tentunya semakin baik kualitas batik, harganya pun akan semakin tinggi. Begitupun sebaliknya kain batik yang harganya murah tentu kualitasnya kurang bagus. Jangan sampai salah memilih batik berkualitas.

Jika kamu sebagai pemula masih bingung cara mengetahui kualitas batik yang berkualitas, berikut ini ada 6 cara memilih kain batik berkualitas tinggi.

1. Mengetahui jenis batik yang akan dibeli

Cara memilih kain batik berkualitas tinggi yang pertama adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis batik yang akan dibeli.

Jenis batik tulis atau batik cap (foto : www.orami.co.id)

Sebelum membeli kain batik, sebaiknya memperhatikan jenis batik yang kamu sukai. Ada 3 jenis batik yaitu jenis batik tulis, jenis batik cap dan jenis batik printing.

Batik tulis memiliki kualitas yang lebih baik dibanding batik cap atau batik printing. Batik tulis mengunakan kain khusus seperti kain yang terbuat dari kapas ataupun sutra.

Batik tulis memerlukan proses produksi yang lebih lama dan dibuat langsung dengan tangan pengrajin. Tentunya ini lebih rumit serta membutuhkan keterampilan khusus. Hal ini yang membuat batik tulis memiliki kualitas lebih tinggi dibanding batik cap atau batik printing.

Baca Juga:Pas Jum’at Kliwon Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Sambut Meriah Pawai FGN 2023Kemeriahan Pawai Kemenangan Timnas Indonesia U-22 Juara Sea Games 2023

Mewarnai batik tulis dengan menggunakan obat batik tertentu baik menggunakan bahan alam maupun bahan kimia seperti indigosol.

Batik tulis biasanya juga dibuat dengan jumlah terbatas yang membuatnya semakin ekslusif. Hal ini yang membuat harga batik tulis lebih mahal dari batik cap ataupun batik printing. Batik tulis biasanya dibrandol harga sekitar ratusan hingga jutaan rupiah.

0 Komentar