Cara Memilih Kain Batik Berkualitas Tinggi

cara memilih kain batik berkualitas tinggi
Kain batik berkualitas tinggi. (foto/bbkb.kemenperin.go.id/)
0 Komentar

Sementara batik cap dan batik printing dibuat dalam jumlah banyak. Proses pembuatan batik tulis menggunakan cara yang paling tradisional sehingga batik tulis memiliki nilai historis dan estetika yang lebih. Sedangkan proses pembuatan batik cap dan batik printing menggunakan alat cetak baik canting cap atau mesin printing.

Karena proses pembuatan baik cap atau printing tidak memerlukan ketrampilan khusus, sehingga nilai seninya lebih rendah, dan harga lebih murah.

2. Jenis bahan batik memengaruhi kenyamanan

Jenis bahan berbahan santung (foto : batik rizki)

Baca Juga:6 Pilihan Makan Siang yang Enak dan Sehat Buat Atlet Sepak Bola8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!

Setiap kain batik memiliki jenis bahan berbeda-beda. Jenis bahan mempengaruhi kualitas batik.

Sebaiknya Pilih jenis bahan batik yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kantong. Misalnya untuk acara sekali seumur hidup seperti pernikahan bisa memilih bahan batik sutra. Sedangkan untuk acara pesta, acara kantor bisa memilih bahan batik katun. Beda lagi untuk acara sehari-hari kamu bisa memilih batik berbahan rayon yang adem dipakai.

Selain itu ada banyak lagi jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan batik, seperti kain serat, kain paris, dan kain mori. Semakin berkualitas jenis bahan mempengaruhi kualitas batik itu sendiri.

3. Corak motif yang khas semakin ekslusif

Cara memilih kain batik berkualitas tinggi berikutnya adalah dengan melihat corak motif pada kain batik tersebut. Semakin khas, maka semakin eksklusif, namun harganya juga akan lebih tinggi.

Batik menjadi satu warisan budaya Indonesia ditengah globalisasi. Batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi.

Corak motif eklusif (foto : batik sisir)

Eksistensi batik sendiri akan bertahan karena kekhasan corak motifnya. Ada banyak motif batik di Nusantara, misalnya batik parang, mega mendung, sidomukti, batik kawung, dan lainnya.

Biasanya corak motif yang khas seperti menggunakan lilin malam dan diukir motifnya menggunakan canting memiliki nilai yang tinggi. Pilihlah batik dengan motif yang jarang dimiliki oleh banyak orang. Pilihlah batik yang memiliki corak motif yang khas dan berbeda dengan lainnya sehingga membuat batik terlihat lebih ekslusif.

0 Komentar