Cara Memilih Kain Batik Berkualitas Tinggi

cara memilih kain batik berkualitas tinggi
Kain batik berkualitas tinggi. (foto/bbkb.kemenperin.go.id/)
0 Komentar

4. Mengecek kualitas cetakan batik dari kedua sisi kain

Cara memilih kain batik berkualitas tinggi selanjutnya, bisa dilakukan dengan mengecek kualitas cetakan batik dari kedua sisi kain.

Kain batik dengan warna indigosol (foto : batik tradisional)

Banyak orang enggan memperhatikan cetakan batik dari kedua sisi kain, padahal cukup menentukan baik tidaknya kualitas batik.

Batik dengan kualitas baik memiliki cetakan luar dan dalam dengan pembubuhan lilin dan warna yang sama. Pembubuhan lilin dan Warna cetakan yang sama pada sisi luar dan dalam kain menandakan bahwa batik tersebut telah melalui proses pembuatan yang detail.

Baca Juga:6 Pilihan Makan Siang yang Enak dan Sehat Buat Atlet Sepak Bola8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!

Jenis batik yang memiliki cetakan baik tidak akan mudah luntur dibanding batik dengan cetakan yang tidak sama sisi luar dan dalam.

5. Memilih batik berkualitas yang tidak luntur

Perlu juga memperhatikan detail pewarnaan batik. Saat memilih kain batik, perhatikan warnanya apakah ada luntur atau tidak.

Batik berkualitas tahan lama dan awet (foto : batik nayu)

Cobalah untuk menempelkan kain batik pada kulit. Batik dengan kualitas baik tidak akan meninggalkan bekas warna pada kulit. Jika ada warna batik tertinggal pada kulit, artinya kain batik tersebut memiliki kualitas kurang baik karena mudah luntur dan warna pada kain akan cepat pudar.

Mengetahui apakah kain batik tersebut luntur atau tidak merupakan salah satu cara memilih kain batik berkualitas tinggi yang sangat efektif.

6. Perpaduan antara motif batik dengan postur tubuh

Perpaduan antara motif batik dan warna dasar harus serasi. Jika memiliki postur tubuh besar pilihlah motif yang dengan ukuran lebih sedang/kecil. Sebaliknya jika memiliki ukuran tubuh kecil maka pilihlah motif yang cenderung berukuran sedang ataupun besar agar terlihat lebih proporsional dan cakep.

Perpaduan motif batik dan warna dasar hitam merah manis ( foto : batik artics)

Jangan lupa juga umur kain batik dipengaruhi oleh kualitas kain dan jahitan bagian pinggirnya. Koreksi kain apakah ada yang bolong, pastikah rapi jahitan pinggirnya dan perhatikan juga sisa benangnya.

Baca Juga:Pas Jum’at Kliwon Tim Nasional Sepak Bola Indonesia Sambut Meriah Pawai FGN 2023Kemeriahan Pawai Kemenangan Timnas Indonesia U-22 Juara Sea Games 2023

Nah, karena sudah tahu cara memilih kain batik berkualitas tinggi, maka tak perlu ragu lagi, deh, untuk membeli batik. Yuk, selamat berbelanja batik! (*)

0 Komentar