Awas! 5 Jenis Bintik Merah Pada Bayi yang Wajib Para Orang Tua Ketahui

Bintik merah pada bayi
Ilustrasi bintik merah pada bayi.
0 Komentar

Untuk cara mengatasinya sendiri, Anda bisa membersihkan kulit bayi secara rutin dan dengan lembut. Anda juga dianjutkan sesekali untuk menemui dokter kulit apabila kondisi tersebut berlangsung lebih dari 4 bulan.

• Ruam PopokRuam popok ini juga dikenal Diaper Rash. Kelainan kulit ini biasanya terjadi pada bayi usia 9-10 bulan. Ruam popk ini biasanya terjadi akibat iritasi dari popok basah atau lembab dan gesekan.

Iritasi ini juga dapat disebabkan karena meningkatnya pH kulit karena kombinasi feses dan urin yang menumpuk. Sehingga dapat meningkatkan permeabilitas kulit.

Baca Juga:Christian Adinata Sukses di SEA Games 2023, Ternyata Pernah Menjuarai Lebih dari 90 Kali Pertandingan5 Jajanan dan Makanan Tradisional Pekalongan yang Wajib Dicoba Wisatawan

Gejala dari ruam ini biasanya munculnya bintik merah yang muncul di bagian bokong bayi. Kemudian, kulit tampak bengkak dan hangat. Dalam beberapa kasus, kulit bayi mungkin sedikit terangkat dan terasa hangat saat disentuh.

Ruam popok ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya apabila orang tua sering mengganti popok di kecil. Selain itu, bunda juga bisa memberikan krim yang mengandung zinc oxide. Jangan lupa juga untuk selalu memastikan kulit bokong si kecil benar-benar kering sebelum si kecil menggunakan popok.

• Roselia InfantumRoselia infantum merupakan kelainan kulit yang disebabkan oleh virus herpes jenis HHV-6 dan HHV-7. Biasanya penyakit ini diderita oleh bayi yang berusia 6-12 bulan. Biasanya Roselia Infantum ini muncul bersamaan dengan demam yang tinggi hingga mencapat 40 derajat Celsius selama 3-6 hari.

Penyakit ini juga bisa menimbulkan kejang disertai dengan infeksi saluran napas akut. Kelainan kulit yang ditimbulkan bintik merah ini biasanya terdapat pada seluruh kulit. Bintik ini biasanya timbul setelah demam turun.

Untuk pengobatannya sendiri, Anda bisa mengobati gejala yang ditimbulkan dengan pemberian obat penurun panas dan obat anti kejang bila diperlukan. Apabila penyakit ini disertai dengan infeksi bakteri, maka penambahan antibiotik atas resep dokkter juga dapat diberikan pada si kecil.

• MeningitisMeningitis merupakan penyakit bintik merah yang paling berbahaya yang biasanya diderita pada bayi umur 3 bulan sampai 2 tahun. Sebab, meningitis ini terjadi Ketika selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang mengalami peradangan.

0 Komentar