Merokok, dan 7 Efek yang Terjadi dalam 2 Minggu setelah Berhenti Merokok

Merokok
Ada 7 tahap yang terjadi dalam 2 minggu setelah kamu memutuskan untuk berhenti merokok. (freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Ketika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, tentu ada banyak efek yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Terutama pada minggu-minggu pertama setelah kamu memutuskan untuk berhenti merokok.

Kamu membutuhkan waktu sekitar 8 hingga 12 minggu sebelum kamu dinyatakan terbebas dari kecanduan rokok dan dapat berdamai dengan gaya hidup baru yang bersih dari rokok. Setelah kamu memutuskan untuk berhenti merokok, ternyata tubuh akan memulai proses perbaikan hanya dalam beberapa menit setelah kamu berhenti merokok.

Berikut kondisi fisik kamu setelah beberapa menit hingga hari setelah kamu memutuskan untuk berhenti merokok.

Baca Juga:Menakjubkan! Ini 5 Manfaat Menonton Konser Musik untuk Tubuh6 Manfaat Mendengarkan Musik Jazz yang Ajaib untuk Kesehatan

1. 20 menit

Dilansir dari sehatq, salah satu efek merokok yakni adalah tekanan darah serta laju jantung yang meningkat akibat kandungan rokok, khususnya nikotin yang dapat meracuni sistem peredaran pada darah.

Efek yang terasa ketika kamu berhenti merokok setelah 20 menit pertama adalah detak jantung anda yang meningkat akan mulai kembali menurun dan stabil ke tingkat yang normal.

2. 2 jam

Dilansir dari halodoc, manfaat berhenti merokok selanjutnya adalah ujung-ujung jari tangan dan kaki kamu akan menjadi terasa lebih hangat serta sirkulasi darah peripheral yang kembali pulih secara bertahap. Namun, biasanya periode waktu ini kamu menjadi lebih rentan mengalami sakau akibat nikotin.

Tanda serta beberapa gejala awal akibat sakau nikotin, diantaranya adalah: ngidam dengan keinginan yang tak terbendung, kecemasan, tegang, serta frustasi, mengantuk ataupun insomnia, peningkatan dalam nafsu makan, kesemutan pada telapak tangan ataupun pada kaki, mengalami berkeringat, serta sakit kepala.

3. 8 hingga 12 jam

Karbon monoksida jika terus dikonsumsi dalam jumlah yang besar dapat menggantikan oksigen untuk mengikat diri pada sel darah merah yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada jantung.

Dilansir hellosehat, National Health Service menyebutkan bahwa selama 8 jam pertama setelah kamu berhenti merokok, kadar monoksida pada tubuh mulai menurun serta tergantikan dengan kandungan oksigen.

4. 24 jam

Setelah kamu memutuskan untuk berhenti , 24 jam kemudian tubuh kamu akan merasa peluang serangan jantung dalam kelompok perokok menjadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok yang bukan perokok. Yakni dapat mencapai angka 70 persen.

0 Komentar