4 Manfaat Ajaib Kakadu Plum untuk Kesehatan Tubuh

manfaat kakadu plum
Beragam manfaat dari buah Kakadu plum yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.(freepik)
0 Komentar

1. Sebagai sumber antioksidan yang baik

Buah asal Australia ini disebut-sebut sebagai buah yang memiliki kandungan vitamin C alami tertinggi dari semua makanan di dunia. Mengutip dalam buku Tables of Composition of Australian Aboriginal Foods bahwa sekitar 100 gram buah ini menyediakan lebih dari 3000 persen kebutuhan harian.

Sebagai referensi, porsi jeruk yang sama mengandung 59,1 % DV, sedangkan jumlah blueberry yang sama hanya menyediakan sekitar 10,8 % DV. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, mengurangi stres oksidatif, berperan dalam sintesis kolagen, penyerapan zat besi, kesehatan jantung, memori, dan kognisi.

2. Memiliki efek antioksidan yang kuat

Antioksidan kuat yakni asam allegic yang merupakan bagian dari polifenol. Asam jenis ini juga dapat ditemui pada strawberry, kenari dan juga Almond. Asam jenis ini dalam Jurnal Food Research International dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan yakni anti kanker, anti radang, anti mikroba, serta prebiotic.

Baca Juga:4 Manfaat Makan Bersama Keluarga yang Penting untuk DiterapkanMerokok, dan 7 Efek yang Terjadi dalam 2 Minggu setelah Berhenti Merokok

Sebuah penelitian tabung dan hewan telah menunjukkan bahwa asam jenis ini dapat memblokir pertumbuhan tumor. Bahkan dapat menyebabkan kematian sel tumor pada berbagai jenis kanker. Namun diperlukannya penelitian lebih lanjut mengenai efek kesehatan dari asam tersebut.

3. Mencegah dan melawan kanker

Dalam studi tabung yang dilakukan oleh Pharmacognosy Review menunjukkan bahwa ekstrak buah ini memiliki anti radang yang dapat membantu mencegah terjadinya kanker. Ekstrak ini juga dapat membantu dalam mendorong kematian sel kanker dalam studi tabung reaksi yang merupakan pertahanan kekebalan penting terhadap kanker dan mutasi sel.

Selain itu buahnya yang mengandung asam ellagic dan galic yang tinggi yang telah terbukti beracun bagi sel kanker dalam penelitian tabung reaksi.

4. Mampu melindungi dari penyakit inflamasi

Dilansir dari orami, buah asal Australia ini juga mampu membantu melindungi terhadap oenyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthtritis dapat dipicu oleh infeksi tertentu. Ekstrak buah dan daun Kakadu plum mampu menghambat bakteri yang dapat menyebabkan infeksi ini.

Adapun efek ini kemunginan karena kandungan tanin yang tinggi dari buah asal Australia ini. Hal ini berasal dari ellagitannin, bentuk dari asam ellagic.

0 Komentar