20 Cara Mengusir Tikus dari Rumah, Dijamin Praktis dan Ampuh

cara mengusir tikus dari rumah
Salah satu cara mengusir tikus dari rumah ialah dengan memelihara kucing (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

Bawang bombay (Hadi Waluyo)

  1. Menggunakan lada hitam

Cara mengusir tikus dari rumah selanjutnya bisa dengan menggunakan lada hitam. Lada hitam memiliki kandungan kimia yang berbahaya, bahkan beracun untuk tikus. Kandungan kimia tersebut bisa membuat tikus iritasi dan tak nyaman. Anda bisa menggiling kasar lada lalu ditebarkan ke area yang menjadi sarang tikus.

  1. Menggunakan adonan soda kue

Anda bisa menggunakan adonan soda kue untuk mengusir tikus. Reaksi tikus saat mengonsumsi soda kue akan merasa tertekan. Ada gas yang memenuhi lambung tikus. Sehingga tikus tidak tenang.

  1. Menggunakan larutan cabai

Cara mengusir tikus dari rumah juga bisa dengan cabai. Caranya, cukup mudah. Anda bisa menggunakan cabai rawit secukupnya, yang dicampur dengan 1 atau 2 liter air lalu direbus. Selanjutnya, Anda bisa menyemprotkan larutan cabai ke tempat-tempat yang sering dikunjungi tikus. Cara ini sangat praktis dan ampuh.

Baca Juga:Ketum PAN Zulkifli Hasan Bantu Musyda PDM dan PDA, Masing-masing Dapat Rp 20 JutaSatgas TMMD ke-116 Dekat dengan Warga, Wujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

  1. Kondisi rumah jangan terlalu lembab

Tikus akan menyukai bagian rumah yang lembab. Hewan pengerat ini akan tinggal di sana dan berkembang biak jika tidak segera dibersihkan.

  1. Simpan makanan dan rutin buang sampah

Menyimpan makanan dalam wadah tertutup akan mampu mencegah tikus tertarik dan masuk ke dalam rumah. Jika tidak waspada, tikus akan memakan makanan tersebut dan meninggalkan bakteri berbahaya di sekitarnya. Selain itu, buang sampah secara teratur juga dapat membuat tikus tidak tertarik memakan sampah yang ada di rumah.

  1. Menggunakan minyak peppermint

Cara mengusir tikus dari rumah lainnya dengan menggunakan minyak peppermint. Tikus tidak menyukai bau menyengat dari minyak peppermint. Jika diberikan di area yang berisiko ditempati tikus, minyak ini akan dapat menjauhkan pengerat itu dari rumah. Letakkan kapas dengan 8-10 tetes minyak peppermint di sudut ruangan atau dekat tempat yang dicurigai menjadi sarang tikus.

  1. Menggunakan ampas teh

Cara mudah lainnya untuk mengusir tikus yaitu menggunakan ampas teh. Ampas teh bisa merusak pernapasan tikus ketika terhirup atau dimakan. Ampas teh bisa diletakkan di tempat-tempat tikus bersarang. Indra penciuman tikus akan rusak sehingga tak lagi datang ke rumah Anda.

0 Komentar