20 Cara Mengusir Tikus dari Rumah, Dijamin Praktis dan Ampuh

cara mengusir tikus dari rumah
Salah satu cara mengusir tikus dari rumah ialah dengan memelihara kucing (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

  1. Menyemprot minyak kayu putih

Cara mengusir tikus dari rumah yang praktis lainnya dengan menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Aromanya menyebalkan bagi tikus. Gunakan larutan kayu putih dengan konsentrasi 5%. Lalu semprotkan ke tempat-tempat yang menjadi sarang tikus.

Minyak kayu putih ampuh untuk mengusir tikus dari rumah (Hadi Waluyo)

  1. Memanfaatkan kulit durian

Anda yang memakan durian jangan langsung membuang kulitnya. Kulit durian yang tajam membuat tikus takut. Bau kulit durian juga dapat mengusir tikus. Potong kulit durian terlebih dahulu dan letakkan ke tempat bersarangnya tikus.

Bau kulit durian tidak disukai tikus (Hadi Waluyo)

Baca Juga:Ketum PAN Zulkifli Hasan Bantu Musyda PDM dan PDA, Masing-masing Dapat Rp 20 JutaSatgas TMMD ke-116 Dekat dengan Warga, Wujudkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

  1. Menggunakan perangkap tikus

Ini cara yang paling sering dilakukan. Anda tinggal membeli alat perangkap dan pasang umpan. Anda bisa meletakkan sedikit makanan sebagai umpan untuk menangkap tikus. Perangkap diletakkan di tempat tikus bersarang.

  1. Menggunakan bedak bayi

Bedak bayi ternyata bisa digunakan untuk mengusir tikus. Bedak bayi yang seperti bubuk halus dapat mengganggu fungsi tubuh tikus. Jika bedak tersebut termakan oleh tikus, maka tikus akan kabur dan pergi dari rumah. Anda tinggal meletakkan bedak ke tempat bersarang tikus.

Bedak bayi pun ampuh untuk usir tikus (Hadi Waluyo)

  1. Bersihkan sisa makanan

Menurut Discover Wildlife, menghilangkan sisa makanan dan tetesan minuman di meja makan atau dapur dapat mengusir tikus. Makanan yang tertinggal sangat menarik hewan pengerat, jadi segera cuci dan bersihkan area serta bekas makan.

  1. Pelihara kucing

Kucing merupakan predator alami tikus. Hewan berbulu ini akan memangsa tikus.

  1. Bersihkan semak-semak

Dilansir dari Forbes, semak dan pohon yang tumbuh tinggi di dekat dengan rumah dapat menjadi lokasi bersembunyi yang ideal bagi hewan pengerat. Mereka kemudian akan diam-diam masuk ke dalam rumah. Untuk itu, potong dan bersihkan halaman rumah.

  1. Tebarkan bubuk kopi

Kopi mengeluarkan aroma tajam yang bisa membuat tikus merasa tidak nyaman dan akhirnya pergi dari area yang ada kopinya.

  1. Menggunakan merica

Tikus tidak suka merica. Untuk membasmi tikus, taburkan merica di sudut rumah yang sering hama itu lewati.

0 Komentar