8 Manfaat Cerita Fiksi untuk Anak-anak, Orang Tua Wajib Tahu

Cerita Fiksi
Cerita Fiksi yang dapat mengaktifkan daya imajinasi anak (Freepik.com)
0 Komentar

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Percaya atau tidak, dengan mengongengkan si kecil sebuah cerita cepat atau lambat akan membuatnya tertidur. Disinilah fungsi dongeng buat anak kamu yang sulit untuk tidur.

Ketika anak tidur dengan waktu yang cukup, maka potensi sakit pun kecil. Tidur pun jadi lebih nyenyak karena dongeng yang dibacakan oleh ibu atau bapak di rumah.

6. Mengajarkan Empati

Dalam sebuah cerita dongeng pasti akan ada pesan yang ingin dibagikan. Anak yang dibacakan dongeng sebelum tidur cenderung memiliki empati yang tinggi.

Baca Juga:9 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula dengan Efisien11 Seserahan Nikah yang Layak untuk Calon Perempuan, Pria Wajib Tahu

Hal ini disebabkan karena empati akan muncul tepat ketika menceritakan sesuatu yang memang berkaitan dengan cerita fiksi. Perasaan untuk ikut merasakan tokoh yang ada pada cerita fiksi pasti terjadi.

Parenting melalui buku cerita anak (Shopee.co.id)

Membacakan cerita fiksi kepada anak sebelum tidur merupakan cara efektif. Jadi dalam dunia nyata tinggal praktik saja tentang apa yang sudah didapatkan dari cerita dongeng fabel dan persahabatan anak.

7. Membuat Anak Berpikir Kreatif

Paling penting adalah dalam mendongengkan kembali cerita fiksi yang dibaca adalah mengaktifkan daya pikir anak.

Tak heran kalau anak yang biasa diceritakan dongeng sebelum tidur akan lebih kreatif. Sebab otaknya menjadi lebih cerdas dalam mengolah kata dan pemikiran.

Berpikir kreatif sangat membantu sekali untuk perkembangan anak ketika nanti masuk sekolah.

8. Mencintai Buku

Sebagai negara dengan literasi baca tulisnya yang masih rendah, membacakan dongeng kepada anak adalah cara membudayakan mencintai buku. Harus dipupuk sejak dini agar terbiasa berinteraksi dengan karya buku.

Ilustrasi cinta buku (freepik)

Kelak ketika besar pun, anak jadi seorang yang terus meningkatkan bacaannya. Suka membaca buku. Tak ada salahnya untuk membentuk karakter mencintai buku.

Baca Juga:7 Urutan Lamaran Pernikahan Adat Sunda yang Harus Kamu Tahu7 Alasan Pernikahan yang Wajib Kamu Tahu

Sebenarnya sangat simpel untuk mengajak anak untuk mencintai dunia literasi. Tinggal bacakan saja dongeng cerita fiksi yang dibeli dari toko buku.

Itulah manfaat cerita fiksi yang dibacakan ketika menjelang tidur si kecil. Sekarang tinggal bagaimana orang tuanya apa mau atau tidak mempengaruhi daya tumbuh dan kembang anak. (*)

0 Komentar