Fakta Menarik Industri Kreatif di Pekalongan

Industri kreatif di pekalongan
Museum Batik. (Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan)
0 Komentar

Festival Art Pekalongan (foto : Dinparbudpora Kota Pekalongan)

Yuk, kenalan sama Industri kreatif di Kota Pekalongan. Berikut ini sector unggulan industri kreatif di Pekalongan :

Kuliner

Kuliner merupakan industri kreatif yang meliputi pembuatan , produksi dan distribusi makanan. Sektor makanan ini sangat menjanjikan di kota pekalongan.

Salah satunya makanan tradisional pekalongan yang terkenal yaitu sego megono, tauto, garang asem, pindang tetel, nasi kebuli dan kluban. Jajanan kuenya pun tak kalah lezatnya seperti apem, kue lumpang, gundlung, srintil,dan sebagainya. Kopi tahlil, esteh gantung dan limun oriental menjadi suguhan melepas dahaga.

Baca Juga:Kenali Lebih Dekat, Filosofi Motif Kain Batik dan Penggunaannya6 Hal Sepele Ini Bikin Hubungan Langgeng dengan Pasangan, Silakan Dipraktikkan!

Festival kuliner Pekalongan sering diadakan GOR Jatayu pekalongan dengan ratusan stan. Bagi yang suka dengan durian ada kemeriahan festival durian di Desa Lolong dengan dibagikannya dua ribu porsi makanan minuman olahan durian gratis, Hayam Wuruk Festival, gebyar syawalan, festival bubur suro dan festival lopis raksasa juga tidak kalah menarik untuk diikuti. Masih banyak lagi kemeriahan kuliner Pekalongan. Jangan lupa berwisata kuliner di Pekalongan, ya!

Kriya

Kriya merupakan industri kreatif yang meliputi proses pembuatan ide, kreasi, pembuatan karya hingga distribusinya. Sector industi kreatif di pekalongan ini memanfaatkan sumber daya alam berupa rotan, kayu, bambu, kulit, enceng gondok, akar wangi, mending, gerabah untuk dibuat menjadi karya yang berdaya jual tinggi.

Bahan baku tersebut diolah dengan cara ditenun menggunkan alat bukan mesin (ATBM) membentuk beragam jenis produk siap pakai seperti taplak meja, kotak tisu, sajadah, tirai, tas, karpet, lajuran/hiasan dinding dsb. Kerajinan tenun ini bisa ditemui di medono dan desa pakumbulan.

Fashion

Fashion merupakan industri kreatif yang meliputi proses produksi pakaian, aksesoris, konsultasi gaya, dan distribusi pakaian. Fashion di Kota Pekalongan sangat berkembang pesat. Biasanya diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Pekalongan seperti kegiatan pekan batik nusantara, pekan batik internasional, fashion show maha karya batik pekalongan.

Kunjungan kerja presiden Jokowidodo ke Grosir setono pekalongan. (Foto: Setneg)

0 Komentar