3 Kiat Atasi Ketagihan Makan Mi Instan, Jangan Rutin Konsumsi Mi Instan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

kiat atasi ketagihan makan mi instan
Meski rasanya nikmat dan murah, mi instan jangan dijadikan makanan rutin tiap hari (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

  1. Obesitas

Obesitas juga bisa muncul dan disebabkan karena konsumsi mie instan yang terlalu banyak. Kandungan kalori pada mie instan yang tinggi bisa membuat berat badan naik dengan mudah.

Jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang sesuai, tentu saja resiko obesitas bisa terjadi. Belum lagi jika mi instan dikonsumsi dengan beragam menu sampingan seperti telur dan nasi.

Rutin konsumsi mi instan bisa menyebabkan obesitas (Hadi Waluyo)

  1. Tekanan darah tinggi

Di dalam satu kemasan mie instan mempunyai kandungan sekitar 860 mg natrium yang dimiliki garam atau natrium cukup tinggi.

Baca Juga:3 Cara Memasak Mi Instan agar Lebih Aman dan Sehat, Menu Andalan Anak Kost dan di Tanggal TuaSatgas TMMD Buat Saluran Irigasi, Warga Antusias Gotong-royong Bersama Satgas TMMD Reguler ke-116

Jumlah natrium tersebut padahal belum ditambah dengan kandungan natrium yang dikonsumsi makanan lainnya pada hari yang sama, padahal asupan harian natrium itu tidak boleh lebih dari 2.000-2.400 atau setara dengan 5-6 gram garam. Jika dikonsumsi terlalu banyak makan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular.

  1. Sindrom metabolik

Ketika tubuh Anda dibiasakan menerima makanan instan, biasanya mereka jadi lebih sedikit mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging, dan ikan. Akibat dari kebiasaan tersebut, muncul risiko sindrom metabolik dengan gejala penumpukan lemak perut, hipertensi, gula darah tinggi, hingga kadar lipid darah yang tidak normal.

Meski bahaya makan mi instan memang ada, Anda tetap masih bisa mengonsumsinya. Asalkan dalam porsi wajar dan tidak sering. Selain itu, mi instan bukan pengganti makanan pokok dan sebaiknya dimakan dengan menu pendamping lain yang kaya nutrisi seperti sayuran hijau atau protein.

Kiat Atasi Ketagihan Makan Mi Instan

Bagi Anda yang sudah telanjur kecanduan makan mi instan, berikut ini kiat atasi ketagihan makan mi instan yang wajib Anda coba.

Rasa mi instan yang gurih bisa menyebabkan ketagihan (Hadi Waluyo)

  1. Jangan langsung berhenti

Kiat atasi ketagihan makan mi instan yang pertama ialah lakukan secara bertahap. Tak perlu langsung berhenti total makan mi instan. Sebab, berhenti mengonsumsinya secara tiba-tiba pasti akan sangat menyiksa.

0 Komentar