5 Alasan Tikus Hewan Pintar dan Sulit Dikendalikan, Cegah Tikus Masuk Rumah dengan Cara Sederhana

tikus hewan pintar dan sulit dikendalikan
Tikus sulit dikendalikan karena termasuk hewan yang pintar (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

  1. Tikus mempunyai ingatan yang sangat baik

Tikus hewan pintar dan sulit dikendalikan karena memiliki ingatan yang baik. Tikus memang memiliki penglihatan yang sangat buruk. Apa yang mereka lihat akan tampak buram, terutama ketika objek yang mereka lihat berjarak beberapa meter jauhnya.

Meskipun demikian, siapa sangka jika tikus adalah hewan pintar yang dilengkapi dengan ingatan yang sangat baik. Melalui ingatannya ini, tikus dengan mudah mengingat dan memetakan ruangan serta semua rute yang mereka sudah lewati dalam waktu yang lama.

Bahkan, tikus juga diketahui mampu mengingat wajah manusia dan mengenali orang-orang yang telah mereka lihat sebelumnya. Hal ini menjadikan hewan pengerat ini lebih waspada ketika harus berhadapan dengan manusia yang mencoba untuk menangkapnya.

Baca Juga:8 Cara Efektif Basmi Tikus Sawah20 Cara Mengusir Tikus dari Rumah, Dijamin Praktis dan Ampuh

  1. Tikus memiliki tubuh yang fleksibel

Tikus hewan pintar dan sulit dikendalikan jika sudah masuk rumah karena ukuran tubuhnya fleksibel. Ukuran tubuh tikus sangat bervariasi tergantung pada spesies atau jenis tikus. Namun secara umum ukuran tubuh hama tikus berkisar dari beberapa inci hingga mencapai 10 inci untuk jenis tikus besar di Indonesia.

Kemampuan tikus masuk rumah melalui lubang atau celah sekecil 1 cm, membuat banyak orang berpikir apabila tikus memiliki tubuh yang terdiri dari tulang lunak. Padahal sesungguhnya tikus memiliki struktur tubuh yang terdiri dari tulang yang terhubung dengan sendi dan tulang rawan sama halnya seperti manusia.

Bentuk tubuh tikus yang panjang dan cenderung berbentuk seperti silinder merupakan alasan utama kenapa tikus bisa masuk rumah Anda dengan mudah. Tubuh tikus yang fleksibel memudahkan mereka untuk melakukan hal-hal seperti berlari di terowongan dan melalui ruang yang sempit, melompat, memanjat hingga menyelinap ke celah terkecil.

Ukuran tubuh tikus fleksibel (Foto: freepik.com)

  1. Tikus adalah pemakan segalanya

Tikus hewan pintar dan sulit dikendalikan karena pemakan segalanya. Tikus dikenal sebagai hewan omnivora. Tikus akan memakan apapun yang mereka temukan, ini juga termasuk makanan yang dimakan oleh manusia. Tikus suka daging, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, hingga ikan.

Melihat dari kebiasaan tikus dalam memilih makanannya, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan rumah khususnya di tempat dimana terdapat banyak bahan mentah atau makanan siap saji yang biasa kita konsumsi di rumah.

0 Komentar