5 Alasan Tikus Hewan Pintar dan Sulit Dikendalikan, Cegah Tikus Masuk Rumah dengan Cara Sederhana

tikus hewan pintar dan sulit dikendalikan
Tikus sulit dikendalikan karena termasuk hewan yang pintar (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

  1. Tikus suka bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau manusia

Tikus hewan pintar dan sulit dikendalikan karena suka bersembunyi di tempat yang sulit dijangkau manusia. Tikus termasuk hewan pemalu dan lebih aktif ditemukan di malam hari (nokturnal). Tikus suka bersembunyi di tempat gelap dan hangat di dalam rumah Anda.

Tikus membangun sarangnya di dalam rumah Anda dengan mengumpulkan dan merobek-robek bahan-bahan lunak yang dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan rumah Anda, seperti kain, plastik, kardus, dan kertas.

Tikus seringkali membangun sarangnya di atap rumah; di bawah atau di balik mesin perabotan rumah tangga, seperti kompor, sofa, almari, atau kulkas; di balik tembok; di ventilasi udara; di dalam garasi atau gudang; bahkan bisa membangun sarangnya di mesin mobil.

Baca Juga:8 Cara Efektif Basmi Tikus Sawah20 Cara Mengusir Tikus dari Rumah, Dijamin Praktis dan Ampuh

Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

Tikus dapat menjadi hama menetap yang dapat mengganggu rumah Anda. Tidak mudah mengusir tikus dari rumah Anda, terutama jika mereka dapat dengan mudah memenuhi tiga kebutuhan dasar untuk bertahan hidup di dalam rumah Anda, yakni sumber makanan, sumber air, dan tempat bersarang.

Cara sederhana cegah tikus masuk rumah dengan tidak memberinya akses ke sumber makanan, air, dan sarang (Foto: freepik.com)

Untuk itu, cara terbaik agar tikus tidak masuk ke dalam rumah adalah dengan tidak memberi hewan pengerat ini sedikit pun akses ke tiga kebutuhan dasarnya tadi. Akses ke sumber makanan, air, dan tempat bersarang di dalam rumah Anda harus dibatasi, sehingga tikus tidak masuk ke dalam rumah.

1) Menjaga rumah tetap bersih dengan tidak menumpuk barang-barang bekas seperti koran dan kardus bekas yang dapat menjadi tempat persembunyian tikus.2) Menyimpan semua bahan makanan kedalam wadah yang tertutup rapat.3) Jangan meninggalkan piring kotor di bak cuci dapur semalaman.4) Secara reguler mengosongkan tempat sampah dan tidak membiarkan kantong plastik sampah tertinggal di dalam rumah.5) Pastikan tidak ada kebocoran pada pipa dan saluran air di rumah.

0 Komentar