Aksi Mangrove 2023 TGC IPB, HAE IPB Komda Jawa Tengah dan HA IPB DPC Kendal, Kurangi Dampak Perubahan Iklim dan Mengatasi Abrasi di Pesisir Kendal

aksi mangrove 2023
Penanaman mangrove di pesisir Desa Kartika Jaya, Kendal, dalam kegiatan Aksi Mangrove 2023 TGC IPB, HAE IPB Komda Jawa Tengah dan HA IPB DPC Kendal (Dok HAE Komda Jateng).
0 Komentar

Ketua panitia kegiatan, Muchtar Abdul Majid, dari TGC mengatakan, pemilihan kegiatan Aksi Mangrove 2023 di Desa Kartika Jaya ini karena tingkat ancaman abrasi yang tinggi di desa tersebut. Dia berharap, kegiatan-kegiatan TGC ini mampu membantu masyarakat dalam menangani ancaman abrasi yang mengancam Desa Kartika Jaya.

Tujuan Aksi Mangrove 2023 TGC IPB

Ketua TGC Departemen Silvikultur Fahutan IPB, Muhammad Raihan, mengatakan, kegiatan aksi mangrove merupakan salah satu program kerja TGC. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengurangi dampak perubahan iklim di Desa Kartika Jaya, Kendal, Jawa Tengah melalui implementasi silvikultur.

Tanam mangrove untuk cegah abrasi di pesisir Desa Kartika Jaya yang parah (Dok HAE Komda Jateng)

Baca Juga:Air Rebusan Mi Instan Apakah Berbahaya dan Harus Dibuang, Ini 2 Rahasia Air Rebusan Mi Instan3 Kiat Atasi Ketagihan Makan Mi Instan, Jangan Rutin Konsumsi Mi Instan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan kegiatan diskusi antara mahasiswa dan masyarakat pesisir Desa Kartika Jaya, mengenai pentingnya penanaman mengrove guna mengurangi abrasi melalui sudut pandang masing-masing dan melakukan penanaman di daerah pesisir Desa Kartika Jaya.

Sedangkan, Waka ADM KPH Kendal, Susanto, menyampaikan rasa terima kasih atas kegiatan Aksi Mangrove 2023 oleh TGC IPB, HAE IPB Komda Jateng, dan HA IPB DPC Kendal.

“Selama ini KPH Kendal selalu mengadakan kegiatan di area pegunungan. Kedepan KPH Kendal siap berpatisipasi kembali apabila ada kegiatan konservasi mangrove di area pesisir,” ungkap dia.

Kegiatan penanaman mangrove dalam Aksi Mangrove 2023 dilaksanakan di Pantai Kartika Jaya pada Minggu (21/5/2023) pagi. Untuk menuju lokasi penanaman, peserta harus mengunakan perahu terlebih dahulu selama 10 menit.

Aksi Mangrove 2023 di pesisir Desa Kartika Jaya, Kendal (Dok HAE Komda Jateng)

Kegiatan penanaman diikuti oleh sekitar 80 anggota TGC, HAE IPB Komda Jawa Tengah, HA IPB DPC Kendal dan perwakilan sponsor kegiatan. Tanaman mangrove yang ditanam di kawasan Pantai Kartika Jaya berjumlah 500 pohon.

Ketua HAE IPB Komda Jawa Tengah, Samsul Ulum, berharap tanaman mangrove yang ditanam di Aksi Mangrove 2023 dapat tumbuh semua dan mampu menjadi penahan abrasi bagi Desa Kartika Jaya. Dikatakan, HAE Komda Jawa Tengah sangat senang bisa dilibatkan dalam acara ini karena aksi itu merupakan bentuk nyata keperdulian HAE Komda Jateng pada pelestarian lingkungan di wilayah Jawa Tengah.

0 Komentar