RADARPEKALONGAN.ID – Guys, tak bisa dipungkiri belanja online baik di marketplace oranye oranye atau marketplace ijo merupakan pilihan yang memudahkan banyak orang. Kamu tetap bisa stay di rumah dan kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi hanya dengan sekali klik.
Belanja online di marketplace juga secara tak langsung dapat menjaga kelangsungan bisnis pengusaha lokal sehingga mendorong ekonomi nasional.
Terutama dampak hadirnya marketplace ini bagi UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah) sangat terbantu. Dengan marketplace produk UMKM bisa dikenal masyarakat seluruh Indonesia. Apalagi masyarakat Indonesia demen belanja online.
Baca Juga:Makanan Indonesia yang Unik, Benar-Benar Bikin Ngiler!Fakta Menarik Industri Kreatif di Pekalongan
Namun tahukah kamu ternyata masih banyak diantaranya konsumen yang seringkali lupa kalau belanja online. Padahal ada hal penting yang perlu dilakukan konsumen setelah menerima pesanan online. Berikut penjelasannya :
Klik “Selesaikan pesanan”
Ilustrasi Konfirmasi pesanan. (Foto: sisternet)
Pembeli sebelum mengkonfirmasi “selesaikan pesanan” perlu memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul betul sesuai dengan pesanan atau tidak. Karena jika pembeli sudah klik “selesaikan pesanan” maka otomatis dana akan langsung diteruskan ke penjual. Karenanya cek terlebih dahulu produknya. Jangan buru-buru terima pesanan ya, guys.
Ambil foto dan merekam video unboxing
Saat membuka paket belanja online. Pastikan ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang telah diterima.
Ilustrasi ambil foto pesanan online. (Foto : Twitter)
Jika produk yang diterima ternyata tidak sesuai dengan pesanan dan tidak sesuai dengan deskripsi di marketplace. Maka pesanan bisa diajukan komplain. Klik “ajukan komplain” dan sertakan bukti yang diperlukan seperti foto paket dan video agar mendapatkan solusi.
Jika tidak ada foto dan video maka kamu akan sangat sulit dan susah untuk mengajukan klaim, maupun komplain di marketplace. Sebelum membuka paket belanja online. Jangan lupa foto dan ambil video ya guys.
Cari tahu cara pengembalian barang
Jika barang yang diterima bermasalah. Pembeli dalam mengajukan complain memiliki waktu tertentu dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh masing masing marketplace saat status pesanan tiba di tujuan. Usahakan setelah pesanan diterima. Lakukan komplain sesegera mungkin jika barang tidak sesuai. Jangan tunda ya, guys.