Illustrasi Pengembalian barang (Foto : Twitter)
Ada prosedur dalam mengajukan pengembalian barang. Dengan mengisi formulir pengembalian barang dan memiliki bukti barang bermasalah berupa foto dan video. Setelah itu barang didrop ke kurir yang dipilih. Kemudian akan ada resi pengembaliannya. Jangan lupa barang diberikan ke kurir. Setelah itu dana akan cair setelah prosesnya sudah beres dan penjual menyetujui pengembalian barang.
Jangan lupa kasih review dan testimoni
Review, ulasan dan testimoni dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko.Ulasan kamu itu akan membantu konsumen lainnya dalam mempertimbakan membeli produk yang terbaik.
Jangan lupa juga kasih penilaian bintang. Biasanya dalam penilaian bintang terbagi menjadi beberapa kategori. Penilaian bintang 1 dan 2 tergolong rendah. Berarti memberikan penilaian toko dengan jelek pada produk, kurir dan layanan penjual.
Ilustrasi penilaian toko ( Foto : Twitter)
Baca Juga:Makanan Indonesia yang Unik, Benar-Benar Bikin Ngiler!Fakta Menarik Industri Kreatif di Pekalongan
Sedangkan memberi nilai 3-5 bintang termasuk penilaian toko yang biasa hingga bagus. Biasanya akan diperinci dalam 3 kategori yakni kualitas produk, pelayanan penjual dan pengiriman oleh kurir. Kamu sah sah saja kok, jika memberikan bintang sesuai dengan pengalaman kamu belanja online. Karena ini makin tingi rating bintang toko maka makin kualitas juga toko online tersebut.
Boleh juga kok, memberikan review paling jujur. Konsumen bisa menjadikan hal itu sebagai pertimbangan dalam membeli. Sedangkan penjual bisa melakukan perbaikan agar produknya bisa disukai konsumen.
Adapun contoh ulasannya sebagai berikut:
“Kak, barangnya sudah sampai dan saya terima. Kondisinya normal, baik, dan nggak ada cacat sama sekali. Packagingnya juga bagus. Untuk harga segini, produk ini worth it banget sih! Apalagi bahannya berkualitas dan nggak nerawang. Sesuai ekspektasi saya. Respon seller juga ramah. Makasih Kak, lain kali mau belanja di sini lagi”.
Kabari orang rumah kalau menggunakan pembayaran COD
COD (Cash On Delivey) merupakan layanan belanja online di marketplace yang bayarnya di tempat saat bertemu langsung. COD cara kerjanya adalah pembeli membayar pesanan tunai ke kurir sebelum paket dibuka.
Kemudian apabila barang tidak sesuai, rusak dan mengalami kecacatan. Pembeli bisa mengajukan pengembalian dana atau barang. Namun pengembaliannya dilakukan di aplikasi marketplace. Bukan barangnya dikembalikan ke kurir apalagi sampai marah ke kurir.