Pakai Sandal Aja Bisa Dapat Pahala, Begini 4 Adabnya agar Menang Banyak!

pakai sandal aja bisa dapat pahala
Pakai sandal aja bisa dapat pahala asal dilakukan sesuai sunah Nabi (Sumber foto: umma.id)
0 Komentar

Disunahkan memulai melepas sandal dengan kaki kiri, ini disunahkan dan termasuk adab. Sebagaimana kata Ibnu Abdil Barr, “Barakah dan kebaikan adalah ketika mengikuti adab Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan menjalankan perintahnya.”

Sebagaimana kata Imam Ash-Shan’ani rahimahullah, ada kata ijmak (sepakat ulama) bahwa adab yang dimaksud di sini dihukumi sunah.

Hadits #1459

وَعَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – – لَا يَمْشِ أَحَدُكُمْ فِي نَعْلٍ وَاحِدَةٍ, وَلْيُنْعِلْهُمَا جَمِيعًا, أَوْ لِيَخْلَعْهُمَا جَمِيعًا – مُتَّفَقٌ عَلَيْهِمَا.

Darinya (dari Ali radhiyallahu anhu), ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah salah seorang di antara kalian berjalan dengan satu sandal. Hendaklah ia memakai kedua-duanya atau melepas kedua-duanya.” (Muttafaqun ‘alaihima) [HR. Bukhari, no. 5855 dan Muslim, no. 2097. Imam Al-Bukhari menyebutkan hadits ini dalam Kitab “Pakaian”, Bab “Dilarang berjalan dengan satu sandal”]

Faedah Hadits:

Baca Juga:Wakil Bupati Pekalongan Riswadi Ajak Semua Pihak Fokus Atasi Stunting, 4 Komponen Harus BergerakSosialisasi Rekrutmen Calon Anggota TNI AD di Lokasi TMMD Reguler 116, Kiat Bisa Lolos Dibocorkan Di Sini

Seorang muslim dilarang berjalan dengan satu sandal saja. Solusinya adalah memakai kedua-duanya atau melepas kedua-duanya.

Menurut kebanyakan ulama, hukum memakai satu sandal saja adalah makruh tanzih (tidak sampai haram). Bahkan ada klaim ijmak dari Imam Nawawi rahimahullah bahwa hukumnya makruh karena perihal ini termasuk masalah adab dan irsyad (pembimbingan).

Kenapa sampai berjalan dengan satu sandal terlarang? Jawabannya, supaya kaki yang tidak memakai sandal tidak kena tanah, duri, batu, panas, dan semacamnya. Ada juga yang menyatakan alasan terlarang memakai satu sandal saja adalah karena untuk berbuat adil pada kaki. Ada juga yang menyatakan bahwa terlarangnya agar tidak terjadi syuhrah (tampil beda). Ada juga alasan lainnya karena cara jalan seperti itu adalah cara jalannya setan. Disebutkan dalam hadits, “Sesungguhnya setan berjalan dengan satu sandal.” (HR. Ath-Thahawi dalam Syarh Musykil Al-Atsar, 3:386-387. Lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 384).

Hadits larangan ini khusus berlaku untuk berjalan, bukan ketika lagi duduk atau berdiri lantas memakai satu sandal.

Pakai sandal aja bisa dapat pahala dapat dilakukan dengan mengikuti sunah Nabi shallallahu alaihi wa sallam di atas. Semoga bermanfaat. (had)

0 Komentar