8 Manfaat Rumah Belajar Garapan Menteri Nadim Makarim, Pembelajaran jadi Lebih Kreatif

Rumah Belajar
Rumah Belajar kurikulum merdeka untuk guru dan siswa (pusdatin.kemdikbud.go.id)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kita semua sudah tahu bahwa Nadim Makarim sejak menjabat sebagai Menteri Pendidikan telah memberi banyak warna dalam sistem pendidikan di Indonesia. Termasuk kurikulum merdeka belajar yang baru-baru ini diluncurkan, juga Rumah Belajar.

Rumah Belajar yang digarap Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) itu menyediakan beragam fitur yang mempermudah pembelajaran di kelas. Sangat bermanfaat sekali bagi para guru dan murid di sekolah.

Inilah beberapa manfaat yang dirasakan oleh para guru dengan adanya Rumah Belajar. Dimana di dalamnya terdapat beberapa fitur yang bisa dijadikan eksplorasi yang lebih mendalam sebelum masuk kelas.

Baca Juga:10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Lewat Baca Buku Terbitan Luar NegeriCara Belajar Efektif 50:10 Ala Jerome Polin Sahabatnya Kak Maudy

Referensi Belajar dalam Berbagai Bentuk

IMPLEMENTASI – Satu implementasi program Kurikulum Merdeka P5 di SD Negeri Kemirirejo 3 dan sekolah lainnya di Kota Magelang, akhir pekan lalu. (foto : ikazahara/magelangekspres)

Dalam Rumah Belajar pendidik sekarang bisa membuat inovasi yang lebih menyenangkan ketika di kelas. Ada berbagai bentuk referensi pembelajaran yang disediakan pada platform yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek Dikti.

Sangat bermanfaat sekali untuk menyiapkan bahan belajar sebelum masuk ke kelas. Sehingga pembelajaran di kelas pun bisa langsung memikirkan cara yang tepat guna memahami suatu materi pelajaran.

Pendidik bebas mau mempelajari bahan materi melalui teks, gambar, video, animasi dan simulasi. Pembelajarannya pun dalam platform tersebut bersifat tidak kaku atau interakstif.

Lebih kerenya lagi Platform yang diluncurkan untuk menunjang merdeka belajar tersebut tersedia dalam berbagai jenjang. Jadi semuanya tersedia dari PAUD, SD, SMP/Mts sampai SMA/SMK.

Simulasi Pembelajaran

Rumah belajar (pusatin.kemendikbudristek)

Tak seperti kurikulum sebelumnya yang hanya berganti pada beberapa aspek saja, Kurikulum Merdeka menyediakan secara nyata bagaimana simulasinya. Jadi pendidik tak disibukkan soal administrasi tapi benar-benar langsung ke inovasi pembelajaran.

Dengan adanya platform penunjang seperti Rumah Belajar membuat guru lebih mudah memahami sebuah materi. Utamanya untuk materi yang berbasis hitung-hitungan.

Bank Soal

Bank soal (pusdatin.kemendikbudristek.id)

0 Komentar