Kualitas Tidur yang Buruk, 2 Alasan Mengapa Kamu Tidak Tidur dengan Baik

Kualitas tidur yang buruk
Kualitas tidur yang buruk. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Kualitas tidur yang buruk adalah masalah umum bagi banyak orang. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 30% dari semua orang dewasa AS berjuang untuk jatuh atau tetap tertidur. Sayangnya, masalah kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan konsekuensi ringan dan jauh lebih serius. Misalnya, kurang tidur dikaitkan dengan perubahan suasana hati jangka pendek serta masalah yang lebih serius seperti depresi dan kecemasan.

Beberapa tanda teratas tentang mengapa kamu memiliki kualitas tidur yang buruk meliputi:

  • Kelelahan di siang hari
  • Sulit berkonsentrasi
  • Sifat lekas marah
  • Kemurungan
  • Kesulitan tidur di malam hari
  • Bangun lebih dari sekali di malam hari
  • Tetap terjaga untuk waktu yang lebih lama di malam hari

Penyebab Kualitas Tidur yang Buruk

Kebiasaan Tidur yang Buruk

Baca Juga:Kecanduan YouTube, Mungkinkah Kamu Mengalaminya?Riset: 4 Macam Efek Smartphone yang Mengintai Otakmu

Masalah tidur seringkali berasal dari rutinitas waktu tidur dan malam hari yang buruk. Terlalu banyak rangsangan pada waktu tidur, menonton televisi atau bermain ponsel tepat sebelum tidur, begadang, dan minum cairan berlebih di malam hari dapat membuatmu lebih sulit untuk tertidur.

Jika kebiasaan tidur yang buruk menjadi penyebab gangguan tidurmu yang kemudian memunculkan kualitas tidur yang buruk, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu:

Tetapkan jadwal tidur. Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi.

Ciptakan rutinitas waktu tidur yang menenangkan. Mandi, baca buku, atau lakukan pernapasan dalam dan peregangan ringan. Kuncinya adalah melakukan sesuatu setiap malam selama 30 menit sebelum tidur yang akan membantu memberi sinyal pada pikiran dan tubuhmu bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Jangan bekerja di kamar tidur. Kamu mungkin tergoda untuk mengerjakan laptop di kamarmu, tetapi melakukan hal ini dapat membuat kamarmu lebih sulit dikaitkan dengan tidur. Cobalah jauhkan aktivitas siang hari dari kamar tidur.

Hindari makanan berat atau berlemak di malam hari. Sepotong pizza berminyak itu dapat merusak sistem pencernaanmu, membuatnya sulit untuk beristirahat. Pilih makanan yang lebih ringan yang mengandung campuran karbohidrat kompleks dan protein yang baik.

0 Komentar