Apakah Perlu Mandi Dua Kali Sehari? Berikut 3 Bocoran Rahasianya

mandi dua kali sehari
kebutuhan mandi tiap orang berbeda. (foto/unsplash)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Hidup di negara tropis seperti Indonesia, kita terbiasa dengan rutinitas mandi dua kali sehari. Jika kurang, orang-orang akan beranggapan kita tidak menjaga kebersihan bahkan jorok.

Kebiasaan ini tentunya berbeda dengan budaya mandi orang luar negeri. Saat menonton drama Korea misalnya, kita akan melihat kebiasaan mereka hanya mandi saat malam menjelang tidur.

Sementara masyarakat Indonesia, jadwal mandi dua kali sehari adalah ketika pagi dan sore hari. Akan timbul masalah lain lagi jika kita mandi saat matahari sudah tenggelam.

Baca Juga:Bagaimana Cara Membuat Portofolio Kerja Menarik? Berikut 6 Tipsnya6 Langkah Efektif menjadi Penulis Lepas, Wajib Tahu!

Namun di luar jadwal tersebut, apakah memang perlu mandi dua kali sehari?

Kebutuhan Mandi Setiap Orang Berbeda

Tujuan mandi secara umum adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit. Keringat, debu, sel-sel kulit mati, dan bakteri yang menempel akan hilang. Pori-pori kulit menjadi bersih dan kesehatannya pun terjaga.

Saat air mengalir ke seluruh tubuh, manfaat lain juga didapatkan. Mandi bisa membuat relax, meningkatkan konsentrasi, melancarkan aliran darah, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Akan tetapi tidak ada patokan khusus seberapa banyak seseorang dianjurkan mandi dalam sehari. Mandi dua kali sehari tidak selalu benar. Mandi yang terlalu sering juga tidak menjamin tubuh lebih sehat.

Pun saat jarang mandi, hal ini tidak lantas membuatmu kotor dan terancam sakit. Sebab kondisi tubuh setiap orang berbeda. Tubuh kita memiliki kebutuhannya masing-masing.

Umur, cuaca, dan aktivitas menjadi pokok pertimbangan frekuensi mandi. Balita dan orang dewasa tentunya memiliki aktivitas harian yang berbeda, oleh karena itu kebutuhan mandi juga tak sama.

Orang dewasa dengan pekerjaan di dalam ruangan juga tidak membutuhkan mandi yang terlalu sering dibanding dengan seserorang dengan pekerjaan berat yang menghasilkan banyak keringat.

Baca Juga:4 Alasan Suka K-Pop Walau Tidak Bisa Bahasa Korea, Kamu Begini Juga?Berkesan! Nostalgia Permainan Jadul, Kelahiran 90-an Dijamin Relate

Termasuk dalam cuaca dingin, mandi yang terlalu dipaksakan juga hanya akan membuat tubuh sakit. Saat turun salju misalnya, mereka bisa tidak mandi berhari-hari justru untuk menjaga kesehatan.

Dampak Mandi yang Terlalu Sering atau Terlalu Jarang Bagi Tubuh

0 Komentar