Apakah Perlu Mandi Dua Kali Sehari? Berikut 3 Bocoran Rahasianya

mandi dua kali sehari
kebutuhan mandi tiap orang berbeda. (foto/unsplash)
0 Komentar

Walaupun tidak ada patokan khusus untuk mandi, akan terjadi efek samping saat frekuensi mandi terlalu banyak atau sedikit.

Saat kamu terlalu sering mandi padahal tidak banyak beraktivitas dan tak menghasilkan keringat, kesehatan kulit akan terancam.

Kulitmu akan kehilangan lapisan pelindung minyak dan bakteri baik. Padahal keduanya berfungsi untuk melindungi kulit dari kekeringan dan kuman.

Baca Juga:Bagaimana Cara Membuat Portofolio Kerja Menarik? Berikut 6 Tipsnya6 Langkah Efektif menjadi Penulis Lepas, Wajib Tahu!

Akibatnya kulit menjadi kering, gatal, dan mudah iritasi. Kuman juga mudah masuk karena lapisan pelindungnya tiada.

Sementara itu, frekuensi mandi yang terlalu jarang juga berdampak negatif bagi tubuh. Efek pertama yang kamu dan orang sekelilingmu rasakan tentunya bau badan.

frekuensi mandi yang berlebihan atau kurang akan menimbulkan masalah kulit. (foto/unsplash)

Saat keringat menumpuk di kulit dan bercampur dengan bakteri, badanmu akan mengeluarkan bau yang sangat mengganggu. Jangan sampai hal ini terjadi dan menghalangi interaksimu dengan orang lain.

Kuman yang terlalu menumpuk di pori-pori kulit juga dapat menimbulkan masalah lain. Kamu bisa menderita gatal-gatal karena jumlah bakteri jahat yang terlalu banyak.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mandi

Setelah misteri mandi dua kali sehari terjawab, penting buatmu mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan saat mandi. Berikut daftarnya.

1. Durasi mandi

Kadang kita lalai saat berada di kamar mandi. Aktivitas yang sebenarnya itu-itu saja, dan sudah kita hafal di luar kepala bisa memakan waktu lebih dari 15 menit.

Baca Juga:4 Alasan Suka K-Pop Walau Tidak Bisa Bahasa Korea, Kamu Begini Juga?Berkesan! Nostalgia Permainan Jadul, Kelahiran 90-an Dijamin Relate

Sebenarnya kita hanya perlu waktu untuk mandi secukupnya. Jika terlalu lama, kulit akan keripun dan bisa kedinginan. Jika terlalu cepat, kemungkinan kurang bersih juga ada.

Gunakan waktu secukupnya untuk menggosok area tubuh. Berikan perhatian lebih pada lipatan tubuh seperti ketiak dan selangkangan. Selebihnya, lakukan seperlunya saja.

2. Suhu air

Saat mandi, perhatikan cuaca dan keadaan tubuh untuk menentukan suhu air yang akan digunakan. Untuk menjaga kelembaban kulit, disarankan menggunakan air dengan suhu hangat dibanding panas.

3. Jenis sabun yang digunakan

gunakan sabun dengan kandungan yang aman untuk kulitmu. (foto/pixabay)

0 Komentar