Yuk! Intip 6 Kandungan Nutrisi Buah dan Sayuran Berdasarkan Warnanya, Ajaib Tiap Warna Punya Manfaat Berbeda

nutrisi buah dan sayuran berdasarkan warnanya
Kandungan nutrisi buah dan sayuran akan spesifek tiap warnanya (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

  1. Hijau

Dalam sayuran dan buah berwarna hijau terdapat klorofil yang memberikan warna hijau. Namun ada nutrisi lain yang disebut lutein. Lutein juga termasuk keluarga karotenoid yang terkenal manfaatnya bagus untuk kesehatan mata.

Buah dan sayuran berwarna hijau (Sumber foto: freepik.com)

Karena lutein merupakan antioksidan, pastinya dapat melindungi tubuh dan juga mata dari radikal bebas. Walaupun begitu lutein dipercaya dapat bekerja ampuh jika dengan zeaxanthin, namun lutein dan zeaxanthin akan lebih banyak ditemukan dalam makanan yang berwarna kuning ke merah. Lutein banyak ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kacang polong.

Sayur dan buah berwarna hijau di antaranya adalah bayam, kubis, brokoli, alpukat, dan asparagus. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah berwarna hijau adalah serat, folat, magnesium, kalium, vitamin A, dan vitamin K1. Penyilangan sayur dan buah berwarna hijau bisa membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga:Bawaslu Ajak Masyarakat Ikut Awasi Tahapan Pemilu 2024, Pelanggaran Pemilu Bisa DitekanKunjungi Polsek Karanganyar dan Lebakbarang, AKBP Wahyu Rohadi Ajak Warga Jaga Kamtibmas Tetap Aman dan Kondusif Jelang Pemilu 2024

  1. Kuning dan Oranye

Sayuran warna kuning mendapatkan warnanya dari pigmen yang disebut karotenoid. Karotenoid terbagi dua yaitu karoten dan xantofil. Karoten memberikan pigmen oranye pada buah dan sayur, sedangkan xantofil memberikan pigmen kuning pada buah dan sayur.

Buah berwarna kuning dan oranye (Sumber foto: freepik.com)

Xantofil lebih diasosiasikan dengan kesehatan mata dan melindungi kita dari sinar matahari. Contoh makanan mengandung xantofil seperti labu, alpukat, jagung sampai kuning telur. Karoten paling bermanfaat dalam membantu pertumbuhan tumbuhan. Namun bagaimana pun kedua karotenoid ini sama-sama baik untuk kesehatan mata, kesehatan kardiovaskular, dan antioksidan yang baik untuk melindungi dari radikal bebas.

Mirip dengan sayur dan buah berwarna merah, sayur dan buah berwarna kuning dan oranye juga mengandung antiinflamasi. Tak hanya itu saja, sayur dan buah yang berwarna kuning dan oranye ini juga mengandung antioksidan serta dapat membantu kesehatan mata.

0 Komentar