Mengelola emosi: Kemampuan mengelola emosi secara efektif adalah bagian penting dari kecerdasan emosional dan level tertinggi. Mengatur emosi dan menanggapi dengan tepat serta menanggapi emosi orang lain merupakan aspek penting dari pengelolaan emosi.
Empat komponen kecerdasan emosional ini disusun berdasarkan kompleksitas dengan proses yang lebih mendasar di tingkat yang lebih rendah dan proses yang lebih maju di tingkat yang lebih tinggi. Misalnya, tingkat terendah melibatkan persepsi dan ekspresi emosi, sedangkan tingkat yang lebih tinggi membutuhkan keterlibatan kesadaran yang lebih besar dan melibatkan pengaturan emosi.
Dampak Kecerdasan Emosional
Minat dalam mengajar dan belajar kecerdasan sosial dan emosional telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Program pembelajaran sosial dan emosional (SEL) telah menjadi bagian standar dari kurikulum di banyak sekolah.
Baca Juga:Mengekspresikan Emosi, Bantah Tudingan Tidak Profesional dan Tanda KelemahanPerbandingan Sosial: Baikkah Membandingkan Diri Sendiri dengan Sekitar?
Tujuan dari inisiatif ini tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan tetapi juga untuk membantu siswa berhasil secara akademis dan mencegah intimidasi. Ada banyak contoh bagaimana keempat komponen kecerdasan emosional dapat berperan dalam kehidupan sehari-hari.
Berpikir Sebelum Bereaksi
Orang yang cerdas secara emosional tahu bahwa emosi bisa sangat kuat, tetapi juga bersifat sementara. Ketika peristiwa emosional yang sangat kuat terjadi, seperti menjadi marah dengan rekan kerja, respons yang cerdas secara emosional akan membutuhkan waktu sebelum merespons. Hal ini memungkinkan setiap orang untuk menenangkan emosi mereka dan berpikir lebih rasional tentang semua faktor seputar pertengkaran.
Kesadaran Diri yang Lebih Besar
Orang yang cerdas secara emosional tidak hanya pandai memikirkan bagaimana perasaan orang lain, tetapi mereka juga mahir memahami perasaan mereka sendiri. Kesadaran diri memungkinkan orang untuk mempertimbangkan berbagai faktor yang berkontribusi terhadap emosi mereka.
Empati untuk Orang Lain
Sebagian besar kecerdasan emosional mampu memikirkan dan berempati dengan perasaan orang lain. Ini sering melibatkan pertimbangan bagaimana kamu akan merespons jika kamu berada dalam situasi yang sama.
Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang kuat mampu mempertimbangkan perspektif, pengalaman, dan emosi orang lain dan menggunakan informasi ini untuk menjelaskan mengapa orang berperilaku seperti itu.