6 Manfaat Catur Penting untuk Kesehatan Mental dan Otak

manfaat catur
Catur ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental. (freepik)
0 Komentar

3. Mampu membangun suatu perencanaan yang lebih baik

Para pemain catur seringkali termenung diam ketika sedang mempertimbangkan setiap gerakan yang akan dilakukan. Pada situasi ini, sebetulnya mereka sedang memprediksi pada setiap kemungkinan untuk dapat mengantisipasi tanggapan pada lawan mainnya.

Para ilmuwan juga membuat sebuah studi pada pemain catur untuk dapat mengukur keterampilan dalam perencanaan mereka. hasil juga menunjukkan bahwa kelompok yang tak bermain aktivitas catur ini membutuhkan waktu yang lebih lama dalam suatu perencanaan.

4. Mengasah fokus

Manfaat catur yang selanjutnya adalah mampu emngasah fokus. Ada seorang pecatur dunia asal Negara Amerika Serikat yakni Bobby Fischer, ia menjelaskan bahwa “catur menuntut konsentrasi total”. Hal ini dilansir pada laman halodoc, bahwa fokus selama bermain catur berguna pada kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:5 Cara Menggunakan Kartu Kredit supaya Tetap Hemat di Era Gempuran Konser Musik Artis Luar NegeriHeboh ! Marc Marquez Tanya Arti Bucin dan 3 Cirinya ke Netizen Indonesia di Twitter

Misalnya saja ketika seseorang dihadapkan pada pekerjaan, tugas rumah, deadline tugas, kamu bisa menjadi lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan apapun yang sedang kamu hadapi.

5. Membantu terapi

Manfaat catur yang selanjutnya adalah membantu terapi. Bermain catur juga dapat digunakan sebagai sarana terapi yang kreatif. Melalui permainan ini, terapis mampu meloihat reaksi pasien terhadap stres dan juga pada tantangan yang muncul. Sehingga kemudian, ia mampu menilai respons pasien serta memberikan saran yang tepat.

6. Mengembangkan keterampilan dalam pemecahan suatu masalah

Manfaat catur yang selanjutnya adalah dapat mengembangkan keterampilan dalam pemecahan suatu masalah. Karena dalam setiap permainan catur ini, pemain akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan juga masalah yang harus untuk diselesaikan. Permainan ini mampu membantu kamu untuk lebih berpikir ke depan, tak terburu-buru dalam mengambil suatu keputusan serta mempertimbangkan plus dan juga minus dari berbagai pilihan yang dapat kamu ambil.

Hal ini tentu berkorelasi terhadap tantangan yang sedang seseorang hadapi pada kehidupan sehari-hari. Permainan ini sebetulnya juga mampu membuat seseorang menjadi lebih kritis terhadap kehidupan karena terbiasa untuk menyelesaikan suatu masalah. (*)

Sumber gambar :freepik

0 Komentar