Jangan Menggunakan Headset saat HP Dicas, Berikut Ini 4 Alasannya menurut Dosen Fakultas Teknik

Menggunakan headset saat hp dicas
Bahaya yang mengintai ketika penggunaan headset saat hp dicas tetap kamu lakukan. Berikut penjelasannya. (Freepik)
0 Komentar

Seorang pengamat gadget yakni Lucky Sebastian menjelaskan secara teknis menjelaskan bahwa ponsel yang sedang dicas, meskipun sedang dipakai ataupun tidak, bisa saja meledak jika ada suatu sistem yang salah. Karena ketika sedang dicas, pada baterai akan terjadi reaksi kimia dan mampu menghasilkan panas.

Lucky juga mengatakan bahwa saat hp dicas dan sedang digunakan, panas yang telah dihasilkan memang dapat berlebih, karena prosesor yang bekerja, sementara pada baterai sendiri juga mampu menghasilkan panas dari proses charging tersebut.

Namun menurut lucky, rata-rata smartphone yang beredar sekarang sudah cukup canggih. Karena ketika smartphone sedang di charge dan sedang digunakan, chip pengatur pada charging akan memperlambat proses pada charging, apalagi pada ponsel yang telah menerapkan teknologi fast charging sehingga panas yang dihasilkan oleh hp tidak menjadi berlebih.

Baca Juga:4 Fakta Ganjang Gejang, Kepiting Fermentasi Korea yang Lagi Viral dan MenggodaMetode Co Parenting dan 5 Manfaatnya Dijamin Sukses Setelah Perceraian, Metode ala Rachel Vennya

Meski begitu, sepintar apapun smartphone yang kita miliki, kita harus tetap mewaspadai penggunaaan smartphone ketika sedang di charge apalagi ditambah dengan mendengarkan musik pada smartphone menggunakan headset.

Karena listrik merupakan satu energi yang tak kasat mata, tentu ini dapat menjadi hal yang harus diperhatikan dan diwaspadai bersama. Satu benda yang nampak aman karena menggunakan tegangan kecil dapat menjadi suatu malapetaka.

Charger handphone hanya menggunakan tegangan sekitar 5 VDC. Kekuatan 5V masih terbilang cenderung aman bagi tubuh manusia sebagai penghantar dari listrik yang sangat baik. Masing-masing kulit manusia pun berbeda, ada satu orang yang mamou untuk tak merasakan tegangan 5v.

Namun pada orang lain bisa merasakan sedikit sengatan dari tengangan sejumlah 5 volt. Hal ini biasanya ditentukan oleh jenis kulit masing-masing. Karena jika tangan menjadi berkeringat biasanya ia akan lebih mudah untuk mampu merasakan tegangan sedangkan pada tangan kering tak merasakan tegangan yang kecil.

Maka dari itu ada baiknya tidak menggunakan headset saat hp dicas apalagi ditambah dengan mendengarkan lagu melalui headset karena hal ini dapat membahayakan tubuh. (*)

0 Komentar