3 Tips Percaya Diri Berbicara di Depan Umum ala Najwa Shihab

Tips percaya diri berbicara di depan umum ala
Berikut beberapa tips percaya diri berbicara di depan umum ala Najwa Shihab! (Instagram : Najwashihab)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Skill atau kemampuan berbicara di depan umum merupakan hal yang seringkali menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk beragam jenis pekerjaan.

Najwa Shihab, seorang presenter, jurnalis, aktris, feminis, dan aktivis yang berkebangsaan Indonesia memiliki sejumlah tips untuk kamu yang ingin tampil percaya diri di depan umum.

Bagi sebagian orang, tampil percaya diri berbicara di depan umum untuk mampu menyampaikan pendapatnya merupakan suatu hal yang cukup sulit. Bahkan tak jarang dari mereka yang sebelum berbicara sudah merasa tegang, jantung berdebar, berkeringat dingin, hingga bahkan sakit perut.

Baca Juga:5 Kebiasaan yang Bikin Otak Lemot, Wajib Baca Biar Cerdas kayak Maudy AyundaStrategi Marketing Samsung Galaxy S23 Ultra Next Level! Tak Salah Pilih Suga BTS Sebagai Brand Ambassador!

Hal ini membuktikan bahwa memiliki kemampuan untuk dapat berbicara di depan umum adalah salah satu hal yang harus dipelajari lebih lanjut supaya mampu untuk tampil percaya diri dalam melakukannya. Kemampuan berbicara di depan umum juga sering kali disebut dengan public speaking.

Mungkin bagi sebagian orang public speaking bukanlah suatu hal yang sulit dan merupakan hal yang biasa. Tetapi bagi sebagian orang yang tidak pernah melakukan hal ini, tentu akan sangat grogi ketika baru pertama kali melakukannya.

Kemampuan ini dapat dikuasai oleh siapapun yang ingin mempelajarinya. Najwa Shihab pun turut membagikan tips serta trik yang dapat kamu lakukan supaya dapat tampil percaya diri untuk berbicara di depan umum.

1. Riset terlebih dahulu serta memahami materi

Tips percaya diri berbicara di depan umum menurut Najwa Shihab atau yang kerap disapa dengan mba nana ini yang pertama adalah riset serta memahami materi terlebih dahulu. Karena menurut mbak Nana, masing-masing orang tentu mempunyai cara tersendiri untuk dapat mempersiapkan penampilan mereka di depan publik.

Namun dengan menguasai materi harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin berbicara di depan umum. caranya dengan melakukan riset yang terus menerus sehingga kamu mendapatkan materi yang lengkap dan sesuai dengan apa yang ingin kamu kuasai. Atau bisa juga dengan membaca sebanyak mungkin.

Selain itu kamu juga perlu mempelajari sumber atau narasumber yang ingin kamu wawancarai seperti pada latar belakang, gaya mereka dalam berbivcara, serta apa saja pendapat sebelumnya juga menjadi suatu hal yang penting. Persiapan yang matang biasanya juga dapat membuat seseorang untuk tampil lebih percaya diri ketika ia sedang berbicara di depan umum.

0 Komentar