5 Hal Larangan Dilakukan lewat Chat, Bahaya!

larangan dilakukan lewat chat
larangan dilakukan lewat chat wajib dihindari (foto freepik)
0 Komentar

4. Rahasia

Hal larangan dilakukan lewat chat keempat adalah menyampaikan rahasia. Praktik bertukar informasi antar manusia terkadang ada informasi yang bisa disampaikan kepublik dan ada yang lebih baik disembunyikan demi menjaga harkat martabat dan membawa manfaat lebih besa sedangkan disampaikan menyebabkan mudhorot lebih besar.

Ilustrasi membagikan rahasia (foto : eraspace)

Menyampaikan hal rahasia termasuk larangan dilakukan lewat chat. Karena pesan adalah amanah. Wajib dihindari jika chat itu sebuah rahasia besar. Hal ini bisa jadi jejak digital dan itu bahaya banget. Bayangin resiko kalau pesan kamu bisa sampe dan berakhir di orang yang salah.

Salah satu contoh menceritakan rahasia pasangan kita. Menceritakan keburukkan pada orang lain. Jaka panjang bisa menimbulkan dampak besar. Retaknya hubungan kita dengan pasangan kita.

Baca Juga:7 Jenis Cinta Menurut Psikologi Buat Kamu yang Sedang KasmaranRekomendasi Kemeja Interview Kerja Bikin Kamu Diterima Kerja

5. Mengingatkan orang yang salah

Hal larangan dilakukan lewat chat terakhir adalah mengingatkan orang yang salah. Manusia memang makluk yang tidak pernah luput dari dosa. Membuat kesalahan memang sifat dasar manusia. Oleh karena itu wajib kita untuk saling mengingatkan dan menasehati. Menegur orang karena kesalahan juga dengan cara yang baik.

Salah satunya hindari menegur orang yang salah melaui chat. Karena setiap orang yang menerima pesan tersebut memiliki suasana hati yang berbeda beda. Apalagi teguran itu berupa sindiran,menyudutkan, kata yang kasar sehingga menyakiti hati orang.

Sebaiknya pilih waktu yang tepat biar bisa bicara secara langsung. Mengingatkan orang lain dengan tidak di depan orang banyak apalagi menegur lewat grup chat. Dengan mengingatkan orang salah secara face to face, menggunakan bahasa yang sopan maka selain efeknya lebih ngena orang nya juga jadi mau untuk terbuka pikirannya untuk cerita ke kita.

Hal ini bisa membangun komunikasi yang seimbang antara kedua belah pihak. Bisa saling belajar dan melakukan perbaikan.

Demikian 5 hal larangan dilakukan lewat chat agar hubungan kita dengan orang lain tidak retak, tidak menyakiti orang lain sehingga membawa manfaat besar bagi kehidupan bermasyarakat. (*)

0 Komentar