Obat Galau Menurut Islam? Coba Salah Satu dari 5 Resep ini, Ampuh!

obat galau menurut Islam
obat galau menurut Islam (Image by freepik)
0 Komentar

Mereka adalah walisongo. Salah satu dari mereka menyenandungkan kata-kata mutiara yang berisi resep obat galau menurut Islam.

Kata-kata ini banyak sekali dinukil oleh para alim ulama dan sebagian dari kita masih suka mendengar. Hanya saja sedikit susah untuk mengistiqomahkan. Berikut 5 obat galau menurut Islam:

  1. Bacalah Al Qur’an beserta maknanya

Al-Quran merupakan obat dari segala macam penyakit. Sebagaimana dalam surat Yunus ayat 57:

Baca Juga:Estimasi Harga Kambing dan Sapi untuk Kurban 2023Bolehkah Berhubungan Intim saat Haid? Cukup 1 Alasan Ini Membuatmu Tambah Yakin dengan Syariat Islam

“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”.

Membaca Al Quran dengan maknanya ini bukan sekedar membaca dengan terjemahannya. Melainkan diangen-angen atau meresapi makna yang terkandung di dalamnya.

Harapannya dengan usaha kita angen-angen makna Al Quran, kita mendapatkan petunjuk dalam setiap menjalani kehidupan.

2. Lakukanlah salat (sunnah) malam

Salat sunnah memiliki banyak sekali fadhilah. Dan yang paling utama adalah mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Terutama sholat sunnah tahajud, Rasululah bersabda, “Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam”. (HR. An-Nasa’i)

Allah juga menjanjikan 4 kemuliaan di dunia bagi ahli tahajud, yaitu: akan diangkat kariernya di tempat yang terbaik, dibimbing dalam setiap aktivitasnya, mendapat solusi dalam menghadapi masalah, dan dilindungi dalam kehidupannya. (Penjelasan dalam ceramah ustadz Adi Hidayat)  

3. Berkumpulah dengan orang-orang saleh

Orang-orang saleh merupakan orang-orang yang selalu mendekatkan dirinya kepada Allah. Yang sering kita ketahui adalah para alim ulama.

Baca Juga:Amsilati Tasrif Karangan KH Khudlori Tabri Halaman 1, Asli Belajar Tashrif Bahasa Arab dari PekalonganBeasiswa UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan untuk 21 Wisudawan Lulusan Sarjana Ke-45 dan Magister ke-17 Terbaik

Tapi tidak dipungkiri, ada beberapa orang yang terlihat biasa-biasa saja atau bahkan nyeleneh, padahal mereka termasuk orang-orang yang dekat dengan Allah.

Biasanya ada aura keteduhan tersendiri ketika kita bersama dengan orang-orang sholeh. Lalu, baik melalui nasihat lisannya ataupun contoh peraganya, mengantarkan kita juga dekat dengan Allah.

Sehingga sangat perlu untuk dekat atau berkumpul dengan orang-orang sholeh.

4. Perbanyaklah berpuasa

Sebagimana pelajaran dari sebuah kisah, bahwa nafsu akan tunduk bila diajak berpuasa. Sedangkan nafsu sendiri adalah sesuatu yang mengajak kita pada kejelekan.

Dari berpuasa, kita akan belajar kesabaran dan mengontrol hawa nafsu. Selanjutnya hati juga akan lebih jernih, sehingga dapat memandu kehidupan sesuai dengan jalan syariat.

0 Komentar