Bikin Ngiler! Berikut 8 Jajan Wungkusan Khas Batang yang Wajib Kamu Coba

jajan wungkusan khas Batang
ilustrasi jajan wungkusan khas Batang (foto/@belinda_jajanpasar)
0 Komentar

Kedua, awuk-awuk sagu

Untuk awuk-awuk ini bahan utamanya menggunakan sagu mutiara atau kembang pacar. Mereka memiliki warna putih bening, sedikit hijau dan merah sehingga terlihat ramai.

Rendam sagu atau kembang pacar terlebih dahulu sampai sedikit lunak dan tiriskan. Selanjutnya campurkan sagu atau kembang pacar tersebut dengan parutan kelapa dan gula pasir. Awuk-awuk sagu pun siap dibungkus dan dikukus.

Nagasari

ilustrasi nagasari (foto/@nadlittlebites)

Untuk membuat jajan wungkusan khas Batang ini, siapkan tepung beras ketan dan santan matang. Campur keduanya, aduk sampai merata dan halus. Buat adonan tersebut agak membulat dengan isi pisang, kemudian bungkus menggunakan daunnya.

Baca Juga:Enak! Ini 6 Kue Tradisional Khas Batang, Dibungkus Cantik Menggunakan Daun PisangBagaimana Cara Mengatasi Kantuk Setelah Makan? Berikut 4 Solusinya

Nagasari punya cita rasa gurih yang dominan. Pastikan pisang yang dijadikan isian adalah jenis yang enak dan cukup matang sehingga tidak merusak rasanya.

Bongko Gedhang

Jika biasanya gedhang atau pisang hanya dijadikan sebagai isian yang opsional, bongko gedhang justru menjadikannya karakter utama. Jajan wungkusan khas Batang ini dibuat dengan mencampurkan tepung beras, santan, larutan gula jawa, dan pisang yang dilumatkan.

Saat adonan sudah tercampur dengan merata, artinya bongko gedhang siap dibungkus dan dikukus. Sebagai karakter utama, rasa pisang di jajan ini pastinya lebih menonjol.

Puci-Puci

Berbentuk limas dan berwarna hijau, puci-puci hanya menggunakan pewarna alami dari daun suji. Adonannya sendiri dibuat dari tepung beras ketan. Untuk isinya, biasa memakai parutan kelapa dan gula jawa yang disangrai.

Isian yang manis legit tersebut terasa pas dengan tekstur puci-puci yang kenyal. Warna luar hijau dan isian coklat juga membuat puci-puci terlihat semakin menarik.

Lengko

Berbentuk seperti pepes pindang, lengko berisi adonan dari parutan singkong. Memang jajan wungkusan khas Batang yang satu ini butuh proses sedikit lama. Untuk mengambil pati singkong sebagai adonan utama tadi kamu perlu memarut singkong dan mengendapkannya beberapa saat.

Jika sudah siap, campurkan larutan gula jawa ke dalam adonan dan aduk merata. Lengko pun siap dibungkus dan dikukus. Jika kamu ingin variasi, bisa juga tambahkan pisang sebagai isian di dalamnya.

0 Komentar