Beli Token Listrik 100 Ribu Dapat Berapa kWh Daya 900? Begini Cara Menghitungnya

100 ribu dapat berapa kwh
Meteran listrik PLN prabayar. (Dok/Radar Pekalongan)
0 Komentar

Selain harus memperhatikan tarif listrik untuk masing-masing golongan yang berbeda-beda, pelanggan listrik PLN juga mesti tahu bahwa setiap kita membeli token listrik, pasti juga akan dikenakan Pajak Penerangan Jalan atau PPJ.

PPJ ini termasuk ke dalam pajak daerah. Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD), PPJ masuk dalam Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT).

Berapa Tarif PPJ?

Untuk mengetahui beli token listrik 200 Ribu dapat berapa kWh, mesti dipahami pula bahwa tiap pembelian token listrik, pelanggan akan dikenakan Pajak Penerangan Jalan atau PPJ. Penarikan PPJ ini merupakan kewenangan daerah.

Baca Juga:Kabar Terbaru! Kemenkes Sebut Masyarakat Dapat Menggunakan Jenis Vaksin COVID Apapun untuk Lengkapi DosisPengurus IKABU Cabang Semarang Raya dan HIMABAS Dikukuhkan, Alumni Tambakberas Rapatkan Barisan

Karena merupakan kewenangan daerah, maka besaran tarif PPJ untuk tiap-tiap daerah bisa berbeda-beda. Misalnya untuk Kota Pekalongan, bisa saja berbeda dengan tarif PPJ di DKI Jakarta.

Tergantung dari Perda yang ditetapkan di daerah setempat. Namun biasanya paling tinggi adalah 10% dari nilai jual listrik atau nominal pembelian token listrik yang telah dikeluarkan pelanggan.

Lalu, berapa tarif PPJ untuk Kota Pekalongan? Merujuk pada Perda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD), ada tiga pembagian tarif PPJ, disesuaikan dengan objek pajak, peruntukannya, dan sumber listriknya.

Berikut ini tarif PPJ Kota Pekalongan:

  • Penggunaan tenaga listrik yang berasal dsri sumber lain untuk keperluan bukan industri, pertambangan minyak bumi ds gas alam, tarif Pajak Penerangan Jalan ditetapkan sebesar 10% (sepuluh persen).
  • Penggunaan tenaga listrik yang berasal dari sumber lain untuk kepentingan, pertambangan minyak bumi dan gas alam, tarif Pajak Penerangan Jalan ditetapkan sebesar 3% (tiga persen).
  • Penggunaan tenaga listrik yang dihasilkan sendiri, tarif Pajak Penerangan Jalan ditetapkan sebesar 1.5% (satu koma lima persen).

Cara Penghitungan

Sebelum mengetahui beli token listrik 100 ribu dapat berapa kWh daya 900, harus tahu dulu tarif dasar listrik untuk tiap-tiap golongan.

Setelah mengetahui tarif listrik PLN untuk tiap-tiap golongan serta tarif PPJ, maka selanjutnya bisa kita hitung jumlah token listrik yang akan didapat, berikut berapa kWh nya.

0 Komentar