HATI-HATI! Perawatan Kulit Bikin Pori-Pori Membesar, Ini 5 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari

perawatan kulit bikin pori-pori membesar
ilustrasi memakai make up (foto/pixabay)
0 Komentar

Komedo kerap membuat penampilan kita kurang cantik karena tampak berbintik putih. Wajah tidak lagi mulus dan terlihat kasar.

Namun begitu, jangan biarkan tanganmu yang gatal tersebut memencet keluar komedo secara paksa. Entah dengan tangan kosong atau memakai alat yang dijual di pasaran.

Saat kamu mengeluarkannya secara paksa, pori-pori justru akan semakin membesar. Jika ingin menghilangkannya, lebih baik percayakan kepada ahli kencantikan yang berlisensi.

Baca Juga:Berfokus Isu Kesehatan Mental, Bikin Candu Nonton Drakor It’s Okay to Not Be OkayKenapa Harus Nonton Drakor It’s Okay to Not Be Okay? 8 Hal Ini Bisa Jadi Pertimbangan

Mereka akan membantu mengurangi komedo di wajahmu dengan alat yang terjamin keamanannya.

4. Memakai Produk Berbahan Komedogenik

ilustrasi produk perawatan dan kosmetik (foto/pixabay)

Kesalahan selanjutnya yang menyebabkan perawatan kulit bikin pori-pori membesar adalah pemakaian produk berbahan komedogenik.

Produk tersebut merupakan produk dengan bahan yang dapat memicu jerawat dan bisa menyebabkan pori-pori tersumbat.

Sejumlah bahan komedo genik yang biasa digunakan yaitu lanolin dan minyak kelapa. Jadi sebelum membeli skincare atau produk kecantikan, ada baiknya perhatikan kandungan komedogenik tersebut.

Sebagai gantinya, pilih produk dengan kandungan almond, jojoba, marola, dan rosehip yang tidak mengandung komedogenik.

5. Eksfoliasi yang Berlebihan

Eksfoliasi adalah perawatan yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati juga debu kotoran yang menempel di kulit. Perawatan ini baik dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit.

Baca Juga:5 Manfaat Nonton Drakor It’s Okay to Not Be Okay, Ternyata Berguna untuk Mental Health7 Alasan Nonton Drakor It’s Okay to Not Be Okay, Ada Animasi dan Sebagai Usaha Healing

Tapi ketika berlebihan, eksfoliasi menjadi perawatan kulit bikin pori-pori membesar. Saat dilakukan secara over, pori-pori kulit memburuk.

Pada produk eksfoliasi jenis fisik atau scrub bisa membuat iritasi karena sangat abrasif (melepaskan lapisan sel atau jaringan kulit).

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan eksfoliasi dengan bahan kimiawi yang cenderung lebih lembut.

Namun tetap saja, pastikan kamu melakukan perawatan eksfoliasi secara semestinya. Tidak berlebihan dan cukup 2 atau 3 kali saja dalam seminggu.

Memang tidak mudah untuk menjaga dan merawat kulit kita agar tetap sehat dan segar. Namun beberpa hal tadi semoga saja bisa jadi warning untukmu agar tidak ada kesalahan yang membuat perawatan kulit bikin pori-pori membesar. (*)

0 Komentar