Mengapa Penting Memiliki Work-Life Balance? Ketahui Maknanya di Sini!

Penting memiliki work-life balance
Penting memiliki work-life balance. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Mengapa Penting Memiliki Work-Life Balance?

Sama seperti diet kita, agar tetap sehat dan berenergi dalam jangka panjang, orang membutuhkan variasi. Dalam hal work-life balance, orang perlu terlibat dalam berbagai aktivitas dan istirahat. Kita cenderung jatuh ke dalam perangkap percaya bahwa kita dapat menjadi produktif sepanjang waktu, atau bahwa delapan jam sehari di tempat kerja sama dengan delapan jam hasil. Namun, itu sulit, jika bukan tidak mungkin, bagi banyak orang untuk mencapainya.

Plus, kerja berlebihan memiliki konsekuensi negatif bagi karyawan dan pemberi kerja. Itulah mengapa penting memiliki work-life balance.

Pecandu kerja dan mereka yang berjuang untuk mempraktikkan perawatan diri mendapati diri mereka berisiko lebih tinggi mengalami kelelahan, kelelahan, dan masalah kesehatan terkait stres. Keseimbangan kehidupan kerja yang buruk juga dapat membuat karyawan bekerja lebih lama tetapi menjadi kurang produktif.

Baca Juga:Work-Life Balance Nggak Cuma Buat Orang Kaya! Ini 12 Cara Membangunnya3 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Karma

Apa Itu Work-Life Balance yang Tidak Sehat?

Di sisi lain, work-life balance yang tidak sehat terjadi ketika pekerjaan menjadi berlebihan dan lebih diutamakan daripada kehidupan pribadi, yang menyebabkan konsekuensi negatif bagi kesejahteraan individu. Beberapa tanda keseimbangan kehidupan kerja yang tidak sehat antara lain:

Kerja berlebihan yang terus-menerus: Bekerja berjam-jam secara teratur, termasuk akhir pekan dan hari libur, tanpa waktu yang cukup untuk istirahat, relaksasi, atau aktivitas pribadi.

Kehidupan pribadi yang terabaikan: Mengorbankan hubungan pribadi, hobi, dan aktivitas santai karena tuntutan pekerjaan yang berlebihan.

Burnout: Mengalami kelelahan fisik, mental, dan emosional akibat stres kronis dan tekanan terkait pekerjaan. Karenanya, orang penting memiliki work-life balance yang sehat.

Kurangnya perawatan diri: Gagal memprioritaskan aktivitas perawatan diri, seperti olahraga, tidur yang cukup, dan waktu senggang yang mengakibatkan kesehatan fisik dan mental memburuk.

Hubungan yang tegang: Mengalami kesulitan dalam menjaga hubungan yang sehat dengan keluarga, teman, dan orang yang dicintai karena komitmen terkait pekerjaan. Karenanya, alasan mengapa penting memiliki work-life balance yang sehat juga mencakup hubungan dengan orang lain.

Ingat, memang penting memiliki work-life balance yang sehat, tetapi cara setiap orang untuk mencapainya dapat bervariasi, tergantung pada keadaan dan preferensi individu. Penting untuk menemukan keseimbangan yang sesuai untukmu dan meningkatkan kesejahteraanmu secara keseluruhan.

0 Komentar