Work-Life Balance Nggak Cuma Buat Orang Kaya! Ini 12 Cara Membangunnya

Kamu juga bisa memiliki work-life balance!
Kamu juga bisa memiliki work-life balance! (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Konsep work-life balance pada dasarnya merpakan konsep yang bagus. Akan tetapi, bagaimana jika seseorang perlu bekerja keras untuk bertahan hidup, dan berakhir mengesampingkan aspek lain dalam kehidupan? Apakah work-life balance mungkin untuk dimiliki oleh mereka?

Nyatanya, work-life balance bukan hanya untuk orang kaya. Siapa pun bisa berada dalam kondisi ideal di mana kondisi pekerjaan dan kehidupan lebih seimbang, terutama ketika kamu menggeluti pekerjaan yang sesuai dengan minatmu. Namun, yang paling penting adalah memaknai bahwa “seimbang” bukan berarti sempurna. Kamu tidak harus sangat kaya, tidak pernah mengalami stress, dan lainnya. Seimbang bermakna, kamu memiliki porsi yang pas untuk setiap aspek dalam hidupmu.

Bagaimana Cara Meningkatkan Work-Life Balance?

Sebenarnya, tidak ada resep yang cocok untuk semua orang. Dan kamu mungkin harus bermain dengan skala waktu yang terasa paling relevan bagimu. Mencoba menemukan keseimbangan dalam satu hari mungkin membuat frustrasi, tetapi keseimbangan mungkin lebih mudah dicapai dalam seminggu atau lebih.

Baca Juga:3 Tanda Kamu Berada dalam Hubungan Karma8 Karakteristik Generasi Stroberi, Tanda Kamu Miliki Kepribadian yang Lemah

Cara terbaik untuk menentukan work-life balance terbaik untukmu adalah dengan belajar memeriksa kompas batinmu—dan hasilmu.

Dengan intensionalitas dan sedikit kreativitas, kamu dapat membagi ulang harapanmu dan mengatur ulang keseimbangan pekerjaan dan kehidupanmu di rumah.

Berikut adalah 12 tips untuk memiliki work-life balance yang baik:

1. Rencanakan ke depan

Rencanakan sebelumnya untuk menggabungkan aktivitas kerja dengan aktivitas santai, sosial, atau kebugaran. Jika kamu menemukan dirimu dengan beberapa rapat virtual secara berurutan, cobalah mengikutinya saat kamu berjalan-jalan. Kamu juga dapat menerima telepon di luar (jika kebisingan sekitar memungkinkan!) atau mengundang teman untuk bekerja bersamamu.

2. Rangkullah cara kerja otakmu

Gunakan peretasan produktivitas seperti pengatur waktu Pomodoro untuk bekerja dalam waktu singkat dan terfokus. Blokir semua gangguan lain sehingga kamu dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

3. Tetapkan blok waktu untuk tugas yang berbeda

Tetapkan waktu untuk memeriksa (dan menanggapi) pesan, waktu untuk mengadakan rapat, dan waktu untuk melakukan pekerjaan yang intensif secara mental. Ini membantu untuk melabuhkan tugas-tugas ini pada saat kamu secara pribadi lebih produktif.

0 Komentar