Dindikbud Gelar FLS2N Tingkat Kabupaten Pekalongan Jenjang SD dan SMP

Dindikbud
0 Komentar

KAJEN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2023 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Lomba yang dilaksanakan selama dua hari yakni untuk tingkat SD pada Rabu (7/6/2023) dan untuk jenjang SMP pada Kamis (8/6/2023) mempertandingkan berbagai lomba.

Untuk jenjang SD ada lomba menyanyi tunggal, tari, pantomime, kriya dan gambar bercerita. Sedang untuk jenjang SMP yakni loma menyannyi tunggal, tari, ilustrasi, pantomime dan musik tradisi.

Baca Juga:5 Fraksi di DPRD Kabupaten Pekalongan Apresiasi Pemkab Pekalongan atas Capaian Opini WTPDinkes Gelar Penyusunan Advokasi Regulasi Kawasan Tanpa Rokok di Kabupaten Pekalongan

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan Syaiful Bahri mengatakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah ajang kompetisi seni yang diadakan di Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun 2023 FLS2N kembali digelar secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga Nasional.

“Kita menngambil beberapa tempat penyelenggaraan yakni untuk Menyanyi Tunggal di Aula Dindibud, Tari di Aula PGRI, Pantomim, Kriya, Musik Tradisi, Ilustrasi dan Gambar Bercerita di SMA N Kajen,” katanya Rabu (7/6/2023).

Adapun Tema dan Tagar FLS2N tahun 2023, lanjutnya, adalah “Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi”.

“Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang Seni,” ujarnya.

Syaiful menambahkan, tujuan diadakannya FLS2N diantarantya Memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni. Menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi dikancah Internasional.

“Serta meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa, membangun persahabatan dan karakter peserta didik yang toleran terhadap keberagaman, dan mempererat persatuan dan kesatuan peserta didik seluruh Indonesia,” tambahnya.

Dengan adanya FLS2N diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap seni dan budaya bangsa, menguatkan karakter, menggugah daya cipta, membentuk kelembutan hati, demi terciptanya kedamaian dan kerukunan dalam keberagaman. Karena itu, melalui lembaga pendidikan terus dilakukan pencarian para atlet berbakat melalui berbagai event mulai dari pertandingan antar kelas di sekolah, pertandingan antar sekolah dan kecamatan serta sebagaimana yang digelar pada hari ini, yaitu Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional.

0 Komentar