Bukan Sekadar Garis Lurus Doang! Berikut Fakta Unik di Balik Batik Lurik

fakta unik di balik batik lurik
Sebuah fakta unik di balik batik lurik. (instagram/@batik_maheswara)
0 Komentar

2. Proses Pembuatannya yang Unik

Fakta unik di balik batik lurik berikutnya adalah pada proses pembutannya yang berbeda dengan batik pada umumnya.

Perlu diingat, bahwa batik yang satu ini bukan jenis batik yang ditulis maupun dicap. Akan tetapi, benar-benar dari benang yang ditenun menjadi sebuah kain yang akhirnya disebut batik lurik.

Itulah yang akhirnya menjadikan batik lurik unik dibanding batik lainnya. Jika kamu penasaran mari kita intip sekilas proses pembuatan batik lurik ini.

Baca Juga:Awas ! Doi Auto Klepek-Klepek dengan 10 Model Dress Batik Kombinasi Polos, Berikut Detail PenampakannyaLebih Mahal Mana? Ini Perbedaan Vespa Primavera 150, Primavera S 150 dan New Primavera S 150, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Pertama, adalah proses penyiapan benang. Kain lurik terbuat dari benang lawe yang berasal dari tumbuhan perdu yang mayoritas berwarna hitam dan putih.

Kedua, benang tersebut diberi pewarna alami dari tarum dan kulit batang mahoni. Tarum akan meghasilkan warna nila, hitam dan biru tua. Sedangkan kulit batang mahoni mengahasilkan warna cokelat.

Ketiga, benang dicuci secara terus menerus, kemudian dipukul hingga lunak dan dijemur. Proses keempat, benang dibaluri nasi dengan menggunakan kuas dari sabut kelapa agar benang menjadi kaku.

Setelah itu, benang diberi pewarna kembali dan dijemur lagi hingga kering. Dan setelah itu, barulah benang siap untuk ditenun menjadi kain lurik.

3. Menggunakan Alat Tenun Tradisional

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, bahwa batik ini ditenun bukan yang lain. Fakta unik di balik batik lurik ini ternyata masih menggunakan alat tenun tradisional, lho.

Dalam prosesnya, untuk menenun batik ini menggunakan dua alat tenun tradisional, yaitu tenun bendho dan tenun gendong.

Dua alat tenun ini memiliki fungsi masing-masing. Disebut bendho karena digunakan untuk merapatkan benang pakan yang berbentuk layaknya bendho atau golok. Biasanya digunakan untuk membuat stagen atau ikat pinggang.

Baca Juga:Bukan Kaleng-Kaleng! Vespa GTS Terbaru 2023 Resmi Rilis di Indonesia, Ini 3 Penampakan ModelnyaAUTO CUAN! Inilah 3 Produk Batik Ecoprint untuk Ide Jualan dan Cara Membuatnya, Dijamin Langsung Balik Modal!

Kemudian, dikatakan gendong karena salah satu bagian dari alatnya harus digendong atau diletakkan dibelakang pinggang. Biasanya digunakan untuk membuat pakaian, selendang atau jarik.

4. Motif dan Corak yang Unik

Motig batik lurik yang unik dan berbeda dengan batik lainnya. (instagram/@kain.tenun.lurik.batik)

0 Komentar