1 Lembar Kain Batik Tulis Ini Harganya Sampai Jutaan, Apakah Terbuat dari Emas?

batik tulis
ilustrasi batik tulis (foto/engrasia)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Kalau kamu menemukan kain batik tulis yang dibanderol dengan harga jutaan bahkan sampai puluhan juta, apakah kamu akan tertarik membelinya?

Untuk pecinta karya seni batik, harga tersebut mungkin bukan masalah. Mereka tau nilai seni yang tak tergantikan sehingga harga yang menurut orang awam bikin geleng-geleng kepapa pun tidak jadi soal.

Tapi jika harga puluhan juta untuk satu lembar kain batik ditawarkan kepada orang biasanya yang hanya mampu membeli batik sablon, bisa jadi mereka akan terkejut.

Baca Juga:Asli Ampuh! Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Secara Alami Tanpa Bahan Kimia! Cobain 9 CaranyaTampak Stylish dengan Batik Formal Wanita, Berikut 4 Referensinya

Mengapa Batik Tulis Dibanderol dengan Harga yang Lebih Mahal?

Satu lembar kain batik tulis dibanderol dengan harga mahal bukan karena suatu alasan. Sama seperti namanya, batik tulis dibuat dengan teknik menulis di kain.

Benar-benar pengerjaan yang dilakukan oleh tangan manusia secara manual.

Pembatik harus harus menorehkan cairan malam memakai alat yang bernama canting. Bentuknya kecil memanjang dengan ujung runcing menyerupai cerutu.

Cairan malam tersebut adalah penghambat penyerapan air. Berkat cairan malam, batik jadi rapih karena pewarna batiknya tidak meleber ke mana-mana.

Jadi pada dasarnya cairan malam menutup motif batik yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah tertutup sempurna, barulah proses pewarnaan bisa dilakukan.

ilustrasi batik tulis Engrasia dibanderol dengan harga 4 juta (foto/engrasia)

Pewarnaan pada batik bisa disebut dengan teknik coletan. Kita harus mencampurkan warna pada kain batik menggunakan kuas.

Setelah selesai, cairan malam yang digunakan sebelum pewaraan harus diluruhkan dengan cara merebus kain. Meskipun tak ayal masih ada sisa malam yang menempel.

Semua proses yang dilalui untuk membuat satu kain batik tulis dilakukan dengan tangan manusia. Tanpa mesin, secara manual, dan benar-benar tradisional.

Baca Juga:6 Rekomendasi Facial Wash agar Wajah Glowing, Harga Murah Tampil Cerah SeketikaWow Cantik! Ini Dia 6 Batik Modern Agar Tampil Trendi dan Berkelas

Dengan proses pembuatan tersebut tak aneh rasanya jika satu kain batik membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan ketelitian yang tidak main-main.

Bahkan bisa menjadi sebuah jaminan batik tulis yang satu dengan yang lain tidak akan memiliki kesamaan 100 persen. Hal ini karena tangan manusia berbeda dengan mesin yang bisa membuat sesuatu dengan sama persis.

0 Komentar