Syukuri Nikmat atas Hasil Panen, Desa Kaibahan Kesesi Gelar Tasyakuran Sedekah Bumi

Desa Kaibahan
0 Komentar

Masyarakat Desa Kaibahan, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah mengadakan kegiatan sedekah bumi dengan cara yang sedikit berbeda dari kebanyakan.

Masyarakat bersama dengan sekelompok aparat desa melakukan arak-arakan keliling kampung untuk membagikan hasil panen yang mereka peroleh.

Kegiatan dimulai pada pagi hari, dimulai dari mengumpulkan hasil Bumi dilanjutkan dengan prosesi arak-arakan dengan menggunakan alat musik tradisional seperti angklung.

Baca Juga:Polres Pekalongan Tangkap Pencuri HP di Toko Sembako5 Tips Membuat Rumah Bergaya Industrial

Masyarakat juga memakai busana adat sebagai bentuk rasa syukur sekaligus memperlihatkan identitas budaya mereka.

Warga dan masyarakat sekitar banyak yang menyambut antusias kegiatan ini. Para pelajar dan anak-anak desa pun turut mengikuti kegiatan ini dengan kesenangan dan kebahagiaan.

Kepala Desa Kaibahan Hj. Sri Puji Erwani mengungkapkan bahwa kegiatan sedekah bumi ini menjadi kegiatan tahunan yang diadakan oleh masyarakat setempat untuk mengucapkan rasa syukur atas hasil panen yang baik dan dibagi kepada masyarakat.

“Warga dan sekelompok aparat desa dengan sukarela menarik gerobak dan Becak membawa hasil panen keliling Kampung dan di bagikan ke masyarakat secara antusias bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan sedekah bumi arak-arakan keliling kampung oleh masyarakat dan sekelompok aparat desa ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan manfaat sebesar hati mereka untuk sesama.

Hj. Sri Puji Erwani berharap kegiatan tersebut dapat memupuk kepedulian sosial, rasa persaudaraan dan kebersamaan antar warga.

“Kegiatan sedekah bumi memang penting bagi masyarakat, selain memperkuat nilai-nilai budaya dan kebersamaan, juga dapat memberikan manfaat pada orang lain,” ujar Hj. Sri Puji Erwani.

Baca Juga:Kapolres Pekalongan Kunker ke Polsek Wiradesa, Ini Hal yang DisampaikanDinhub Kabupaten Pekalongan Gelar Pemilihan Abdiyasa Teladan

Kegiatan sedekah bumi arak-arakan keliling kampung yang diselenggarakan oleh masyarakat dan sekelompok aparat desa di Desa Kaibahan, diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat Kaibahan. lainnya untuk melakukan sedekah bumi secara bergotong-royong dengan cara yang beragam dan menarik. Selain itu, juga dapat mempererat tali persaudaraan dan menguatkan rasa kebersamaan antar warga di desa Kaibahan.

0 Komentar