8 Motif Batik Lengan Panjang Pria Klasik yang Populer dan Mendunia

Motif batik lengan panjang pria klasik yang mendunia
Motif batik lengan panjang pria klasik yang mendunia (Twitter/@abcdesrswxyz)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Fashion batik semakin berkembang pesat, salah satunya motif batik lengan panjang pria klasik yang telah populer dan mendunia.

Mendunia karena dikenakan oleh kepala negara, artis dalam negeri, hingga artis hollywodd dan artis korea juga mengenakan batik.

Batik sebagai warisan budaya Indonesia telah di tetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan Bentuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak tanggal 2 Oktober 2009.

Baca Juga:14 Model Baju Gamis Batik Cantik yang StylishIbadah Sosial Lebih Banyak Pahalanya Dibandingkan Ibadah Pribadi

Selama ini kita mungkin mengira bahwa menmakai batik itu kuno. Namun sekarang banyak juga lho yang memakai batik salah satunya pria dengan mengenakan motif batik lengan panjang pria klasik. Bahkan dikenakan oleh tokoh tokoh terkenal dunia.

Nah, kali ini artikel ini akan membahas beberapa motif batik lengan panjang pria klasik yang mendunia. Simak, ya!

1. Motif Batik Buketan

Nelson Mandela merupakan orang yang dikenal sebagai pembawa batik Indonesia di mata internasional. Karena selain menyukai batik juga memperoleh baju batik pertamanya pada kunjungan resmi ke Indonesia pada awal masa kepresidenannya.

Mendiang Nelson Mandela (Twitter/@HMSoeharto1921)

Di Afrika baju batik dikenal sebagai “kemeja madiba” yang sangat terkenal. Nelson Mandela sering menggunakan batik lengan panjang pria klasik. Motif batik buketan adalah favoritnya.

Motif asal Pekalongan ini menampilkan bentuk pohon atau rangkaian bunga yang lengkap, sering dilengkapi burung atau kupu-kupu.

Nama motif untuk batik buketan antara lain adalah Pring Sedapur, Kelapa Setundun, Soko Cina, dan Kembang Terompet.

2. Motif Batik Semen Rama

Raffi Ahmad merupakan selebriti, pembawa acara, pengusaha dan YouTuber asal Indonesia ini sering kedapatan memakai batik lengan panjang pria klasik.

Raffi Ahmad (Twitter/@FamilyRaffiah17)

Baca Juga:Model Gamis Batik Terbaru 2023 Tampil Simple dan EleganYuk, Kenali Cara Kerja Politik Pencitraan dan Efeknya sebagai Referensi Memilih Calon Presiden 2024 yang Terbaik

Memakai baju batik motif semen rama yang dimaknai sebagai penggambaran dari “kehidupan yang semi” (kehidupan yang berkembang atau makmur). Jenis ornamen pokok pada motif-motif semen adalah parang.

3. Motif Batik Sida Asih

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan rombongan mengadakan pertemuan dengan Presiden Jokowi dengan di Istana Kepresidenan Bogor beberapa tahun lalu.

PM Belanda Mark Rutter (Twitter/@setkabgoid)

0 Komentar