8 Motif Batik Lengan Panjang Pria Klasik yang Populer dan Mendunia

Motif batik lengan panjang pria klasik yang mendunia
Motif batik lengan panjang pria klasik yang mendunia (Twitter/@abcdesrswxyz)
0 Komentar

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menggenakan batik lengan panjang pria klasik dengan motif batik sida asih.

Termasuk golongan motif yang banyak dibuat para pembatik. Kata “sida” sendiri berarti jadi/menjadi/terlaksana. Motif motif berawalan “sida” mengandung harapan agar apa yang diinginkan bisa tercapai.

Makna dari motif Sido Asih adalah harapan agar manusia mengembangkan rasa saling menyayangi dan mengasihi antar sesama.

4. Motif Batik Cuwiri

Presiden FIFA dan mENTERI BUMN (Twitter/@Aryprasetyo85)

Baca Juga:14 Model Baju Gamis Batik Cantik yang StylishIbadah Sosial Lebih Banyak Pahalanya Dibandingkan Ibadah Pribadi

Presiden FiFA, Gianni Infantino beberapa bulan lalu pernah mengadakan pertemuan dengan Menteri BUMN, Erick Thohir yang membahas persiapan Indonesia dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023.

Menteri Erick Thohir memberikan motif batik lengan panjang pria klasik yakni motif batik cuwiri. Batik Cuwiri merupakan motif batik yang menggunakan unsur meru dan gurda.

Cuwiri sendiri memiliki arti kecil-kecil dan diharapkan untuk pemakainya pantas dan dihormati.

5. Motif Batik Tambal

Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam beberapa pertemuan juga sering menggunakan batik lengan panjang pria klasik, salah satunya dengan motif batik tambal. Motif batik yang mereka kenakan ini membawa kesan sederhana dan merakyat, ya.

Bpk Ganjar Pranowo dan Bpk Jokowidodo (Twitter/@KemensetnegRI)

Tambal berarti memiliki makna menambal atau memperbaiki hal-hal yang rusak. Dahulu, kain batik bermotif tambal dipercaya bisa membantu kesembuhan orang yang sakit.

Caranya adalah dengan menyelimuti orang sakit tersebut dengan kain motif tambal. Kepercayaan ini muncul karena orang yang sakit dianggap ada sesuatu “yang kurang”, sehingga untuk mengobatinya perlu “ditambal”

6. Motif Batik Kawung

Sehun (Twitter/@NonaDia)

Oh Se-HUN EXO sebagai penyanyi, rapper, model dan actor asal korea selatan. Mononim Sehun pernah kedapatan memakai batik lokal dalam acara meet and greet di Jakarta beberapa tahun lalu. Oh Se-HUN EXO menggenakan kemeja motif batik kawung.

Baca Juga:Model Gamis Batik Terbaru 2023 Tampil Simple dan EleganYuk, Kenali Cara Kerja Politik Pencitraan dan Efeknya sebagai Referensi Memilih Calon Presiden 2024 yang Terbaik

Motif Kawung memiliki ciri khas berpola bulatan mirip buah Kawung sejenis kelapa yang ditata rapi secara geometris.

Motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.

0 Komentar