Mengandung Banyak Makna, 6 Karakteristik Batik Papua yang Membuat Kamu Tampil Beda

Karakteristik Batik Papua
Karakteristik Batik Papua dengan ciri khas motif flora dan fauna. (instagram/@batikpapua_id)
0 Komentar

Burung Cendrawasih dengan bulu dan ekornya yang indah menambah nilai estetik pada batik ini. Motif Burung Cendrawasih yang gagah memberikan kesan tegas dan anggun bagi pemakainya.

3. Motif Kamoro

Motif Kamoro adalah motif batik dengan ciri khas motifnya yang asimetris. Motif ini menggambarkan keindahan alam serta keunikan seni ukir suku Kamoro yang tinggal di tanah Papua.

Motif Kamoro biasanya menampilkan simbol patung berdiri yang memiliki gaya, ekspresi, baju dan aksesoris yang berbeda. Motif ini sering dikombinasikan dengan gambar tumbuhan khas Papua.

4. Motif Prada

Motif Prada. (instagram/@timikaunique)

Baca Juga:Semakin Tak Bisa Berpaling! Inilah Spesifikasi Vespa GTS Super Sport 150, Baru Saja Dirilis di IndonesiaDeretan Motif Batik Nasional Paling Populer, Nomor 7 Favorit Pak Ganjar!

Motif Prada sebetulnya hampir mirip dengan motif Burung Cendrawasih, bedanya terdapat penambahan berupa sentuhan garis emas yang terbuat dari benang emas dengan kualitas terbaik.

5. Motif Sentani Papua

Motif Batik Sentani adalah motif yang berasal dari daerah Sentani, Kabupaten Jayapura. Motif ini umumnya memiliki gambar alur melingkar seperti alur batang kayu dengan perpaduan satu atau dua warna.

Motif Sentani menggambarkan kondisi tanah papua yang masih subuh dan masih banyak hutan-hutan lebat dengan segala kekayaan alamnya. Motif batik ini memiliki makna kesederhanaan.

6. Motif Tifa Honai

Motif Tifa Honai. (instagram@timikaunique)

Secara filosofis motif Tifa Honai memiliki arti rumah kebahagian, dengan kata lain rumah yang dipenuhi dengan kebahagiaan. Motif batik ini perpaduan antara gambar honai rumah adat Papua dan tifa alat musik khas Papua.

Gambar honai melambangkan keluarga sedangkan tifa melambangkan kebahagian. Kombinasi keduanya memiliki makna tempat untuk pulang dan berlindung dalam kebersamaan keluarga yang bahagia.

Itulah sekilas tentang Batik Papua, yang ternyata memiliki banyak makna yang terkandung didalamnya.

Dengan membeli batik ini kalian sekaligus dapat menikmati keindahan alam dan budaya Papua lewat motif yang disajikan.

Baca Juga:Asli Bikin Melongo! Inilah Spesifikasi Vespa GTS Classic 150, Baru Saja Dirilis di IndonesiaBukan Sekadar Garis Lurus Doang! Berikut Fakta Unik di Balik Batik Lurik

Selain itu kalian juga dapat ikut andil dalam melestarikan warisan budaya batik khususnya di daerah Papua. (*)

0 Komentar