Mengintip Batik Lukis yang Super Eksentrik dan Banyak Dilirik Wisatawan, Simak 4 Contohnya

batik lukis
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Siapa yang tak kenal batik lukis alias batik painting nih? Ya, inilah salah satu produk kerajinan batik yang unik dan bahkan eksentrik, karena kaya akan corak. Tak heran, kerajinan batik satu ini mengundang minat banyak wisatawan mancanegara loh.

Bagi yang belum tahu, batik painting ini merupakan produk batik yang proses pembuatannya dengan cara langsung dilukis pada kain putih. Batik jenis ini lahir dari perkembangan-perkembangan teknik maupun pewarnaan batik, akhirnya batik juga diaplikasikan pada seni lukis batik (Batik Painting) yang merupakan lukisan dengan menggunakan bahan sebagai medianya. Proses dan pewarnaannya sebenarnya sama dengan pembuatan batik pada umumnya.

Meskipun proses pembuatan dan juga pewarnaannya sama, tetapi tampilan dari batik lukis sendiri sangatlah berbeda dengan batik tulis tradisional. Untuk yang lukis, tampilannya lebih cerah dan warnanya sangat beragam.

Baca Juga:Berani Tampil Beda ala Batik Alisan, Bantu Penampilanmu Makin Berkelas di 20237 Hal Menarik Dieng, Negeri Atas Awan dengan Segala Pesona Keunikannya

Di Indonesia, batik lukis merupakan salah satu batik yang menarik dan banyak dilirik oleh wisatawan mancanegara. Bagaimana tidak, coraknya yang beragam, dengan warna yang cerah juga pastinya sangat mencolok dan membuat batik ini memiliki ciri khasnya sendiri dibanding batik lain.

Batik sendiri merupakan kain  yang dilukis dengan lilin cair atau disebut malam, yang menciptakan gambar nilai seni tinggi pada kain mori. Batik brasal dari bahasa jawa yaitu amba dan tik yang berarti menulis titik. Dahulu batik dikenal dengan Ambatik, seiring berjalannya waktu pengertian tersebut mulai dikenal dengan batik tulis yang dilukis dengan kemiringan.

Pada kenyataannya batik bis dibuat dengan berbagai macam cara, tidak hanya sekedar batik tulis menggunakan canting saja.

Teknik Pembuatan

Pada prinsipnya gambar batikan merupakan gambar kerajinan yang dikerjakan seperti dalam pembuatan kain batik, yaitu dengan membuat pola-pola hias dengan mnggunakan bahan-bahan yang tidak tertembus oleh zat pewarna, tentu saja sama halnya dengan pembuatan batik lukis yang juga menggunakan pola hias seperti pembuatan batik tulis pada umumnya.

Oleh karena itu dalam  proses pembuatan gambar batikan ini juga menggunakan berbagai bahan yang sifatnya tidak sama dengan yang digunakan untuk menggambar pola dan untuk mewarna secara dipadukan atau dicampur, atau mixed media. Bahan yang digunakan untuk menggambar batik ini yaitu lilin lampu, pastel, dan cat air.

0 Komentar